Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Masuk Akmil bagi Wanita, Cek Juga Cara Daftarnya

Kompas.com - 27/10/2023, 15:39 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Syarat masuk Akademi Militer (Akmil) untuk wanita perlu diketahui lulusan SMA/MA yang ingin berkarier di bidang militer.

Siswi lulusan SMA/MA juga bisa mendaftar di Akademi Militer atau Akmil. Perlu diketahui, Akademi Militer adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat dan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Setelah lulus, taruna taruni Akmil akan menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton.

Lulusan Akmil memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Baca juga: Lulus Berpangkat Letnan Dua, Ini Syarat Daftar Akmil bagi Lulusan SMA

Syarat masuk Akmil bagi wanita lulusan SMA/MA

Mengacu pada syarat Akmil tahun anggaran 2023/2024, baik laki-laki atau perempuan bisa mendaftar ke Akmil dengan kriteria bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

Selain itu laki-laki atau perempuan yang bisa mendaftar Akmil wajib punya ijazah minimal SMA/MA.

Selain syarat harus punya ijazah SMA/MA, siswi yang ingin mendaftar ke Akmil juga ada syarat lain berupa tinggi badan.

Bagi siswi yang ingin mendaftar Akmil, kamu harus punya tinggi badan 155 cm.

Setelah tahu syarat mendaftar Akmil bagi siswi lulusan SMA/MA, kamu juga perlu tahu cara daftar menjadi taruni Akmil. Berikut cara daftar Akmil yang perlu diketahui siswi lulusan SMA/MA:

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah S2 di Universitas Terbuka

1. Calon mendaftar online taruna dan taruni Akmil bisa melalui website penerimaan prajurit TNI yaitu di alamat http://rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang telah ditentukan. (Bagi calon yang belum memahami cara mendaftar melalui online dapat langsung datang ke tempat pendaftaran untuk mendapatkan penjelasan dari petugas pendaftaran bagaimana cara mendaftar dengan membawa persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku).

2. Selanjutnya kamu bisa mencetak printout formulir pendaftaran.

3. Siswi lulusan SMA/MA bisa juga datang ke Ajendam/Rem terdekat untuk melaksanakan daftar ulang (di luar tanggal yang telah ditentukan adalah tidak sah).

4. Tahapan selanjutnya, kamu bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti kegiatan seleksi.

5. Pendaftar mengikuti tahapan seleksi yang telah diatur oleh Panda masing-masing.

Selama proses kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya apa pun.

Siswi lulusan SMA/MA yang tahun depan berencana mendaftar Akmil, pendidikan Akmil dilaksanakan selama 4 tahun di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah dan dibiayai negara.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Jurusan IPS Bisa Masuk Akpol? Cek Jawabannya

Demikian informasi mengenai syarat masuk Akmil bagi wanita lulusan SMA/MA. Informasi ini bisa membantu para siswi SMA/MA yang tahun depan berencana mendaftar di Akmil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com