Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Strategi Lolos SNBP 2024, Calon Mahasiswa Wajb Tahu

Kompas.com - 25/10/2023, 16:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelas 12 yang ingin mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 harus mulai bersiap.

SNBP 2024 merupakan jalur pertama yang dibuka untuk mendaftar di PTN. Jalur SNBP 2024 ini tidak bisa diikuti oleh semua siswa kelas 12.

Pasalnya hanya siswa yang dinyatakan eligible atau memenuhi kriteria yang boleh mendaftar. Bagi siswa kelas 12 yang punya nilai rapor, berprestasi dan ada kemumgkinan masuk dalam kuota siswa eligible, perlu tahu strategi agar lolos SNBP 2024.

Dilansir dari laman Telkom University, Rabu (25/10/2023) memaparkan strategi lolos SNBP 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

Strategi lolos SNBP 2024

1. Ketahui syarat peserta SNBP 2024

Siswa kelas 12 wajib tahu apa saja syarat agar bisa mendaftar SNBP 2024. Berikut persyaratan bagi siswa kelas 12 yang hendak mendaftar SNBP 2024:

Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul:

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Selain siswa yang mau mendaftar PTN, sekolah juga harus memenuhi syarat agar siswanya bisa mendaftar SNBP 2024. Berikut syarat sekolah agar siswanya bisa mendaftar SNBP 2024:

a. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
b. Ketentuan Akreditasi:

  • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolahnya

c. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Cara Menjadi Siswa Eligible agar Bisa Daftar SNBP 2024

2. Pastikan masuk dalam daftar siswa eligible

Syarat menjadi peserta SNBP 2023 adalah eligible atau memenuhi kriteria. Ini akan ditentukan oleh sekolah dengan cara mengurutkan nilai semua siswa-siswi dari semester 1-5. Selain itu sekolah juga akan menambahkan nilai jika kamu punya prestasi lain seperti menang lomba baik bidang akademik maupun non-akademik.

3. Mengumpulkan portofolio yang sesuai

Bagi siswa yang mengincar program studi tertentu yang membutuhkan keahlian, maka kamu wajib melampirkan portofolio saat mendaftar. Berikut 11 portofolio yang bisa kamu kumpulkan:

  • Olahraga;
  • Seni Rupa, Desain, dan Kriya;
  • Tari;
  • Teater;
  • Musik;
  • Sendratasik
  • Seni Karawitan;
  • Etnomusikologi;
  • Fotografi;
  • Film dan Televisi;
  • Seni Pedalangan

Baca juga: Tips Amel Carla, Lulus Kuliah 3,5 Tahun dari FH Universitas Indonesia

4. Catat tanggal penting

Pelaksanaan SNBP 2024 merupakan proses panjang karena ada berbagai tahapan yang harus dilalui sekolah maupun siswa.

Sehingga calon mahasiswa penting untuk mengetahui jadwal pelaksanaan SNBP 2024. Tanggal penting SNBP 2024 ini tidak hanya perlu diperhatikan oleh siswa saja.

Pihak sekolah juga perlu mengingat kapan tanggal penting yang harus dilakukan sekolah. Misalnya pengumuman kuota sekolah, masa sanggah sekolah, registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru baik untuk siswa maupun sekolah, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa hingga pendaftaran SNBP 2024.

5. Konsultas dengan Guru BK

Keberadaan Guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah bisa membantumu jika masih bingung menentukan jurusan kuliah hingga kendala lainnya saat akan mendaftar di perguruan tinggi negeri.

Guru BK juga tahu perhitungan nilai supaya kamu bisa lolos di program studi yang diinginkan. Siswa kelas 12 jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan guru BK. Beliau akan membantumu menggapai mimpi dan membantu siswanya mendapatkan perguruan tingi dan program studi yang sesuai dengan kamu.

6. Follow akun resmi SNPMB

Di zaman serba digital, informasi bisa diakses dengan cepat melalui internet. Dalam pelaksanaan seleksi masuk PTN, panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru BPPP Kemdikbud selalu menginformasikan update terkini di akun media sosial mereka.

Baik itu Instagram di @_snpmbbppp, kanal YouTube SNPMB BPPP, situs resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan akun media sosial resmi lainnya seperti TikTok dan X (Twitter).

Baca juga: Cek Biaya Kuliah UNY Jalur SNBP, Persiapan Daftar Tahun 2024

Demikian informasi mengenai strategi lolos SNBP 2024 yang perlu diketahui siswa kelas 12. Meski belum ada informasi resmi dari panitia SNPMB, tak ada salahnya kamu mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com