Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN Sukseskan Program Magang MBKM Universitas Tanjungpura Pontianak

Kompas.com - 15/10/2023, 19:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber BRIN

KOMPAS.com - Kini, mahasiswa bisa ikut berbagai kegiatan yang ada di kampus. Selain itu juga ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satunya ikut program magang MBKM yang diinisiasi oleh Kemendikbud Ristek. Hal ini juga penting bagi mahasiswa.

Seperti halnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Kerja Bersama Pontianak menerima kunjungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Jurusan Fisika Universitas Tanjungpura Pontianak.

Adapun kunjungan tersebut merupakan audiensi implementasi kegiatan Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Jumat (13/10/2023).

Baca juga: BRIN Kenalkan Iptek pada Siswa SMAN 1 Pontianak

Menurut Sub Koordinator Layanan Umum, Helmi Suryaputra, BRIN mempunyai program salah satunya Masyarakat Bertanya BRIN Menjawab.

"Untuk itu kami membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk magang di Kantor BRIN Kawasan Kerja Bersama Pontianak," ujarnya dilansir dari laman BRIN.

Dijelaskan, sebagai lembaga pemerintah yang bergerak dibidang penelitian, BRIN memiliki peran untuk membentuk generasi muda di bidang riset dan inovasi.

Salah satunya dengan melalui program magang MBKM ini. "Dengan terintegrasinya lima lembaga yang ada di BRIN saat ini BRIN Kawasan Pontianak mempunyai periset Penerbangan dan Antariksa, Periset Pertanian, Periset Bahasa dan Sastra serta periset kesehatan," ungkapnya.

Sementara Peneliti Bahasa dan Sastra, Yeni Yunita selaku praktisi mengajar menyambut baik atas kegiatan proses MBKM mahasiswa FMIPA.

Ia menjelaskan terkait struktur organisasi yang ada di BRIN serta peluang untuk mendapat beasiswa yang ada di BRIN. Ia berharap agar kolaborasi ini dapat berjalan dengan lancar seperti tahun sebelumnya.

Sedangkan Ketua Jurusan Fisika MIPA Universitas Tanjungpura Pontianak Dr. Azrul Azwar, S.Si, M.Si mengucapkan terima kasih karena bisa berkunjung ke BRIN Kawasan Kerja Bersama Pontianak.

Selain itu, ia juga mengapresiasi BRIN yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan kegiatan MBKM.

Lebih jauh Azrul menyampaikan keterkaitan dengan mata kuliah MBKM yang ada di kampus, antara lain:

1. Fisika Lingkungan

2. Fisika Kebencanaan

3. Metrologi

4. Kecerdasan Buatan

5. Konservasi Lingkungan Tropis

Baca juga: BRIN-FK UB Jajaki Peluang Kolaborasi, Fokus Riset Pengembangan Tanaman

Selain itu bentuk tawaran kemitraan dengan BRIN Kawasan Pontianak yaitu mahasiswa membantu pekerjaan yang ada di BRIN yang relevan dengan mata kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com