Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Banyak Siswa SMK di Indonesia Bisa Kembangkan Gim Lokal

Kompas.com - 07/10/2023, 11:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Kantor Staf Presiden (KSP) mendukung siswa sekolah vokasi dalam meningkatkan kompetensi pembuatan gim lokal.

Demikian disampaikan Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Wardani Sugiyanto saat menyelenggarakan Esports Next serta mengunjungi SMKN 1 Ciomas, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (6/10/2023).

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Australia Beserta Rekomendasi Beasiswanya

Esports Next dan kunjungan ke SMKN 1 Ciomas menjadi bagian dari rangkaian kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2023 yang akan digelar pada 21—22 Oktober 2023 mendatang.

Pemilihan SMKN 1 Ciomas karena sekolah ini merupakan salah satu SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan bidang animasi yang memiliki beberapa program unggulan yang terikat dengan potensi industri esports.

Seperti, program keahlian animasi, produksi dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim.

Wardani Sugiyanto mengapresiasi penyelenggaraan Esports Next di SMKN 1 Ciomas. Menurut Wardani, esports tak hanya menjadi olahraga kreasi, tetapi juga industri yang sangat potensial.

Selain SMKN 1 Ciomas, Kemendikbud yakin banyak SMK memiliki kompetensi yang erat dengan industri esports dan bisa mengembangkan gim kearifan lokal.

"Kami di Kemendikbudristek sangat mendukung dan semoga dengan agenda ini akan semakin menggelorakan esports dan potensinya," kata Wardani dalam keterangan resminya.

Wardani menegaskan, memang Kemendikbud tidak memberikan bantuan khusus untuk pengembangan esport, akan tetapi bantuan yang diberikan berdasarkan pada kompetensi.

"Dengan Kurikulum Merdeka akan bisa mempertajam bakat dan minat anak-anak dengan tetap memperhatikan pasar dalam hal ini potensi pasar industri esports besar," jelas dia.

Baca juga: Tak Pernah Bolos Kuliah, Cara Embun Lulus Kuliah dan Gapai IPK 3,98

Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda KSP, Agung Hardjono mengatakan, pemerintah melalui KSP berkomitmen mengembangkan ekosistem dan industri esports menjadi sektor yang berdampak positif bagi pemuda Indonesia.

"Kami berharap dukungan untuk SMKN 1 Ciomas dapat menambah potensi siswa-siswi untuk meraih masa depan gemilang, baik sebagai pemain atau profesi lain yang berkaitan dengan industri esports," jelas Agung Hardjono.

Senada dengan Agung, Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2023, Agung Rusmana mengaku jika industri esports tidak hanya berkutat di sekitaran pemain dan pelatih saja.

Terdapat banyak sekali profesi yang bisa digeluti oleh siswa-siswi untuk mengembangkan potensinya.

Baca juga: 9 Kampus Bergengsi dan Favorit di AS Beserta Beasiswanya

"Piala Presiden Esports hadir sebagai bukti bahwa sumber daya manusia kita mampu menghelat hiburan esports megah, dari dan untuk negeri. Lewat Esports Next kami melihat banyak sekali talenta baru yang kelak mewarnai industri gim dan esports, lewat bidang pengembang gim, broadcasting, dan animasi," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com