Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Tahun Global Sevilla School: Membentuk Karakter Baik Siswa lewat "Mindfulness"

Kompas.com - 06/10/2023, 18:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Global Sevilla memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-21 dengan menggelar Day of Mindfulness dengan tema "Mindfulness Festival". Kegiatan dilaksanakan serempak di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas pada 6 Oktober 2023.

Kegiatan Day of Mindfulness diikuti oleh seluruh sivitas akademika dengan melibatkan 1.000 siswa lebih dari tingkat TK hingga SMA.

Sebagai informasi, mindfulness atau hidup berkesadaran merupakan program yang diintegrasikan Global Sevilla School untuk membangun karakter siswa.

Metode mindfulness dipilih Global Sevilla School dikarenakan perkembangan dunia, teknologi dan informasi yang semakin cepat dan mendominasi kehidupan manusia moderen dewasa ini.

Akibatnya individu-individu semakin mementingkan pribadinya masing-masing dan cenderung tak acuh serta tidak menghargai apa yang ada di sekitarnya.

"Day of Mindfulness diadakan sebagai penghormatan bagi para pendiri kami. Para pendiri kami sangat yakin bahwa selain prestasi akademis, kami perlu memupuk karakter baik siswa kami," ungkap Superintendent Global Sevilla School, Michael Thia.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Berlatih Mindfulness dalam Keseharian

"Kami bangga, sebagai sekolah berbasis mindfulness terkemuka di Indonesia, dapat memasukkan praktik mindfulness ke dalam program pengembangan karakter sehingga memperkuat nilai-nilai sekolah, yaitu memberi, welas asih, dan pengendalian diri,” tambah Michael.

Mindfulness Talks dalam Mindfulness Festival Sekolah Global Sevilla memperingati HUT ke-21 dilaksanakan serempak di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas pada 6 Oktober 2023.DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Mindfulness Talks dalam Mindfulness Festival Sekolah Global Sevilla memperingati HUT ke-21 dilaksanakan serempak di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas pada 6 Oktober 2023.

Hal senada disampaikan Purborini Sulistiyo, Head Of School Global Sevilla Pulo Mas, "usia (sekolah) kami sudah 21 tahun, kami berharap menjadi sekolah yang lebih dewasa."

"Tidak hanya mengejar akademis, mengejar popularitas, tetapi juga kembali ke tujuan awal yakni membentuk karakter penerus bangsa dengan nilai utama sekolah kami giving, compassion and self-control," jelasnya.

 

"Kami setia ke tujuan awal para founder mendirikan sekolah kami, yakni membentuk murid yang dapat bersaing global dengan memiliki karakter yang bagus," tegas Purborini di sela-sela HUT ke-21 sekolah yang didirikan oleh Alm. Nurcholish Madjid (Cak Nur)  dan Sudhamek AWS.

"Mindfulness Festival" dilakukan dalam beragam kegiatan seperti mindful listening, mindful yoga, mindful walking, mindful colouring, mindful eating dan juga "Mindfulness and Mental Health Talks" yang menghadirkan Adjie Santosoputro, pakar dan praktisi mindfulness.

Konferensi pers Mindfulness Festival Sekolah Global Sevilla memperingati HUT ke-21 dilaksanakan serempak di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas pada 6 Oktober 2023.
DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Konferensi pers Mindfulness Festival Sekolah Global Sevilla memperingati HUT ke-21 dilaksanakan serempak di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas pada 6 Oktober 2023.

Adjie Santosoputro menjelaskan di era digital di mana kehidupan menuntut kecepatan, mindfulness menjadi penting dalam melatih diri memiliki kesadaran penuh terhadap diri dan lingkungan sekitar.

"Salah satu pendekatan yang mampu menjaga kewarasan kita, kesehatan mental kita, adalah mindfulness," ujarnya.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Mindfulness dan Meditasi

Selain talkshow, "Mindfulness Festival" Global Sevilla School juga menghadirkan praktik mindfulness bagi guru dan orangtua, antara lain; "Gentle Hatha Yoga" yang dibawakan Rawi Prabha dan "Sound Healing" oleh  Jennifer dan Ilanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com