Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maulid Nabi, Majalah Mata Air Gelar Lomba Literasi "Semua Membacanya 2023"

Kompas.com - 28/09/2023, 18:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Majalah Mata Air menggelar lomba literasi membaca buku tingkat nasional "Semua Membacanya 2023". Lomba ini bertujuan membantu meningkatkan budaya membaca masyarakat Indonesia.

Dalam lomba ini, ada dua pilihan buku yang dapat dipilih oleh peserta, yakni "Jalan Nabi 1" dan "The Luminous Life of Our Prophet".

Kedua buku ini menceritakan tentang sirah Nabi berisi tentang kisah teladan, akhlak mulia, dan pengajaran-pengajaran Nabi Muhammad SAW bagi umat manusia.

Tidak hanya itu, melalui lomba ini, majalah Mata Air juga mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama membaca kisah Nabi, merenungi, memahami, dan meneladani keagungannya di bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada awal penyelenggaraannya, lomba ini menarik perhatian lebih dari 10.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia dan 15 negara.

Di tahun keempat penyelenggaraannya ini, majalah Mata Air merintis sebuah platform bertajuk “Jalan Nabi” yang bisa diakses di situs www.jalannabi.id berisi ulasan-ulasan dari para akademisi, penulis, dan pencinta Nabi Muhammad SAW bertujuan mengumpulkan inspirasi-inspirasi dan beraneka ragam pencerahan yang didapat saat mengkaji sirah nabi.

Kumpulan artikel ini lalu dikumpulkan dalam sebuah buku berjudul Jalan Nabi 1 yang akan diikuti dengan buku-buku Jalan Nabi berikutnya.

 

Selain ditulis oleh akademisi, buku ini juga memuat tiga tulisan dari pemenang "Semua Membacanya 2022" bidang menulis, di antaranya berjudul "Sang Konselor Terbaik" karya Afriza Hanifa, "Rasulullah Membangun Ekonomi Umat" karya Halima Tusadia, dan "Kemuliaan Akhlak Rasul terhadap Mualaf" karya Hartati Eko Wardani.

Selain buku berbahasa Indonesia "Jalan Nabi 1", ada juga buku berbahasa Inggris berjudul “The Luminous Life of The Prophet” karya Rasyid Haylamaz dapat dipilih peserta yang ingin mengikuti lomba dengan pilihan buku berbahasa Inggris.

Opsi buku ini diharapkan dapat meningkatkan semangat anak-anak Indonesia di luar negeri dan peserta dari luar Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam lomba membaca ini.

Baca juga: Resep Nasi Ulam untuk Perayaan Maulid Nabi Khas Pacitan

Pendaftaran lomba Semua "Membacanya 2023" akan ditutup pada 7 Oktober 2023 melalui situs mataair.co/sm23.

Penilaian lomba ini akan dilaksanakan pada 12 November 2023 dengan total hadiah lebih dari Rp 60 juta yang akan dibagikan kepada 70 peserta terbaik dari kategori umum dan 40 peserta terbaik dari kategori remaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com