Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PIP Makassar Luluskan 255 Diploma IV Pelayaran

Kompas.com - 22/09/2023, 16:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk memenuhi sumber daya manusia (SDM) dibidang transportasi laut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar melantik 255 Wisudawan Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV Pelayaran.

Lalu ada dua wisudawan Diploma Pelayaran tingkat III Pembentukan dan Pelepasan Ahli Nautika/Teknika Tingkat I II, III, IV dan V Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar untuk Program Peningkatan sebanyak 296 Perwira Siswa.

Baca juga: Kemendikbud: Sistem Zonasi Dihapus Tidak Selesaikan Masalah PPDB

Kepala Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono mengatakan perkembangan transportasi merupakan salah satu bentuk modernisasi yang akan menjadikan negara Indonesia menjadi negara maju.

Adapun selanjutnya perkembangan transportasi tersebut juga akan memberikan konstribusi besar dalam perwujudan transportasi ramah lingkungan dan bebas polusi, serta peningkatan keselamatan dan pelayanan transportasi.

"Untuk itu kepada para wisudawan saya berpesan bahwa kalian yang merupakan generasi penerus dan sebagai pengawal maritim Indonesia yang akan menjadi ujung tombak dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata dia dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Dia menambahkan sebagai bagian dari sektor perhubungan, kontribusi yang para wisudawan sangat berarti dan diharapkan akan mendorong kesuksesan transportasi di Indonesia.

"Dan para wisudawan diharapkan dapat memanfaatkan secara optimal infrastuktur transportasi yang telah dibangun, dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat," ucap dia.

Tentunya, kata Djoko, dalam mewujudkan hal tersebut kerja seluruh insan sektor transportasi dalam hal ini pemerintah, operator, stakeholders dan mitra kerja agar dapat bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal.

Baca juga: 62.524 Guru P1 Tidak Perlu Tes Saat Ikut Seleksi Guru PPPK 2023

"Sebab, transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi suatu negara," ungkap dia.

Wisuda bukan tujuan akhir

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno juga mengingatkan para lulusan bahwa wisuda bukanlah tujuan akhir.

Akan tetapi merupakan awal dari perjalanan karier saudara, tuntutan kualitas kompetensi dan keunggulan daya saing merupakan kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global yang sangat ketat yang selalu ada dihadapan para wisudawan.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Perbedaan Seleksi Guru PPPK 2023 Dibanding Sebelumnya

"Untuk itu para lulusan PIP Makassar perlu adaptasi secara terus menerus terhadap perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pelayaran, yang berkembang sangat pesat serta didukung dengan peningkatan kemampuan diri dalam berkomunikasi yang handal," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com