Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus dengan Bidang Ilmu Sosial Terbaik di Asia, Ada Incaranmu?

Kompas.com - 21/09/2023, 17:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bidang Ilmu Sosial (social science) memiliki peran penting untuk memahami dinamika masyarakat, budaya, dan interaksi manusia. Bidang Ilmu Sosial telah lama menjadi daya tarik utama bagi banyak mahasiswa.

Di Asia, terdapat sejumlah institusi pendidikan yang telah diakui secara global atas keunggulan mereka dalam menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ini.

Berdasarkan QS World University Rankings 2023, berikut adalah daftar 10 kampus terbaik di Asia untuk bidang social science:

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

1. National University of Singapore (NUS), Singapura

NUS telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial dengan skor 83.1. Kampus ini menawarkan program-program terkemuka dalam antropologi, sosiologi, ekonomi, dan ilmu politik.

2. Peking University, Tiongkok

Peking University menempati posisi kedua dengan total skor 82.2. Universitas ini telah menjadi perintis di bidang penelitian sains dan humaniora. Program-programnya yang komprehensif dalam ilmu politik, ekonomi, dan sosiologi membuatnya menjadi destinasi menarik bagi para calon mahasiswa.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

3. Tsinghua University, Tiongkok

Universitas ini menduduki posisi keempat dengan total skor 80,6. Berdiri pada tahun 1911, Tsing Hua University didirikan di kota Hsinchu, Taiwan. Kampus ini terkenal akan riset ilmiah dan pendidikan lintas disiplin. Dengan kurikulum yang beragam dan fasilitas modern, NTHU menyediakan lingkungan pembelajaran yang mengilhami bagi para mahasiswa.

Beberapa jurusan Humaniora dan Ilmu Sosial yang ada di universitas ini, yaitu Sastra Tionghoa, Sastra Asing, Ekonomi, dan Ilmu Politik.

4. The University of Hong Kong,Hong Kong

The University of Hong Kong (HKU) ada di posisi keempat dengan total skor 80.2. Sebagai pusat keuangan dan bisnis global, University of Hong Kong menonjol dalam program-program bisnis dan ekonomi.

Kampus ini juga menawarkan program ilmu sosial yang kuat, termasuk studi kawasan Asia. Saat ini, HKU memiliki 10 fakultas dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya:

  • Fakultas Arsitektur
  • Fakultas Seni
  • Sekolah Bisnis HKU
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran Li Ka Shing
  • Fakultas Sains Fakultas Ilmu Sosial
  • Lulusan sekolah (graduate school)

Baca juga: Beasiswa S1 The University of Hong Kong, Raih Uang Kuliah-Tunjangan Hidup

5. The University of Tokyo, Jepang

Kampus terbaik di Jepang ini menempati posisi kelima dengan total skor 79.6.
Selain program-program akademik yang komprehensif, University of Tokyo juga memiliki jaringan penelitian dan kolaborasi yang kuat dalam bidang ilmu sosial. Ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian inovatif dan berkontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang dinamika sosial, budaya, dan politik.

Universitas ini memiliki lima kampus, dengan 10 fakultas. Dua fakultas yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa di sini yaitu Fakultas Hukum dan Sastra.

6. Seoul National University, Korea Selatan

Seoul National University yang merupakan kampus idaman bagi banyak mahasiswa di Korea Selatan ini menempati posisi keenam dengan total skor 79.2. Salah satu universitas paling prestisius di Korea Selatan ini memiliki reputasi yang kuat dalam berbagai bidang studi, termasuk ilmu sosial.

Universitas ini menyediakan program sarjana, pascasarjana, serta profesi. Beberapa fakultas yang disediakan oleh universitas ini, yaitu:Fakultas Humaniora (pendidikan bahasa di dunia, seni, sejarah, arkeologi, filosofi, ilmu religi), Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Administrasi Bisnis, dsbnya.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Ada Biaya Hidup

7. Nanyang Technological Singapore, Singapura

Nanyang Technological University (NTU) adalah universitas terkemuka yang terletak di Singapura. Universitas ini menempati posisi ketujuh dengan total skor 79.

Universitas yang terkenal akan keunggulannya dalam bidang teknik dan sains ini ternyata memiliki reputasi yang kuat dalam ilmu sosial. Universitas ini memiliki Sekolah Humaniora, Sekolah Seni, Desain dan Media, Sekolah Komunikasi dan Informasi Wee Kim Wee, serta Sekolah Ilmu Sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com