Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog di Unisa, Nadiem Makarim Beberkan 3 Tips Menjadi Sukses

Kompas.com - 18/09/2023, 14:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024, Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menghadirkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Senin (18/9/2023).

Di kampus tersebut, Nadiem berdialog dengan para mahasiswa baru Unisa. Dikatakan, pihaknya berkomitmen dalam pemberian akses pendidikan tinggi yang merata, berkualitas, dan berkesinambungan.

Tentu hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa pendidikan tinggi berpotensi memberikan dampak positif tercepat dalam pembangunan SDM unggul di Indonesia.

"Pesan saya, mahasiswa baiknya jangan cuma belajar di kampus saja namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Baca juga: Mendikbud: Ini 3 Mekanisme Pencegahan Kekerasan bagi Sekolah dan Pemda

Menariknya, salah satu mahasiswa baru Unisa dari Prodi Ilmu Komunikasi asal Timor Leste, Ivonea Renha dos Santos Soares bertanya kepada Nadiem.

Tips sukses seorang Nadiem Makarim

Adapun pertanyaannya terkait tips sukses seorang Nadiem Makarim.

Mendikbud menjawab bahwa untuk meraih kesuksesan, seseorang harus mengidentifikasi minat dan bakatnya sesuai dengan hati nurani.

"Kesuksesan harus didefinisikan kalian masing-masing. Jangan pakai kriteria orang lain nanti sengsara," ujar Menteri Nadiem.

1. Jadi orang dewasa

Tips pertama, ini saatnya untuk mulai jadi orang dewasa. Mulai memisahkan ekspektasi orang lain, ikuti kata hati.

2. Berani ambil risiko

Tips kedua, tidak ada kesuksesan tanpa keberanian mengambil risiko. Keluar lah dari zona nyaman, lakukan hal-hal sulit dan baru.

3. Pilih berbagai kesempatan yang baik

Tips ketiga, gunakan kemerdekaan dalam memilih kesempatan-kesempatan baik yang semakin banyak.

Sementara mahasiswa lain, Gladi dari Prodi Bioteknologi menanyakan cara mengasah ilmu yang didapat di kampus selama masa perkuliahan.

"Kamu bisa masuk ke platform MBKM, di sana mahasiswa bisa langsung memilih program yang diminati. Namun jika kamu ingin mencoba pembelajaran di luar prodi untuk melengkapi keahlian yang menunjang cita-cita kamu, itupun bisa," terang Nadiem.

Baca juga: 3 Pesan Penting Mendikbud Nadiem bagi Penerima dan Alumni LPDP

"Selain itu, kamu juga bisa proaktif datang ke prodi di kampus mengajukan gagasan program MBKM mandiri sesuai dengan kondisi kampus," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com