Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pernyataan IAAI Komda Jabodetabek Terkait Kebakaran di Museum Nasional Indonesia

Kompas.com - 17/09/2023, 19:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di Museum Nasional Indonesia (MNI) pada Sabtu (16/9/2023) malam tentu membawa duka mendalam bagi dunia permuseuman di Indonesia.

Pasalnya, api telah melahap sebagian Gedung A MNI yang merupakan ruang-ruang pamer koleksi-koleksi etnografi, artefak-artefak masa prasejarah, koleksi budaya, dan sejenisnya.

Akibat dari kebakaran tersebut, koleksi museum juga turut terbakar. Padahal, benda-benda koleksi tidak akan tergantikan nilainya.

Koleksi atau benda-benda bersejarah di museum adalah sumber kekayaan yang harus dilestarikan demi ilmu pengetahuan.

Baca juga: Museum Nasional Kebakaran, Koleksi yang Terdampak adalah Replika

Maka dari itu, terkait peristiwa Museum Nasional kebakaran, Perhimpunan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komisariat Daerah Jabodetabek turut prihatin dan berduka yang mendalam.

Meski demikian, IAAI Komda Jabodetabek menyampaikan beberapa pernyataan. Ada 6 hal yang disampaikan.

Berdasarkan Surat Pernyataan yang disampaikan oleh ketua IAAI Komda Jabodetabek Dr. Dyah Chitraria Liestyati, M.Si., Minggu (17/9/2023), ini isi pernyataannya:

1. Museum Nasional Indonesia menyimpan koleksi khasanah budaya Indonesia pilihan, yang bahkan ada di antaranya merupakan satu-satunya di Indonesia.

Karenanya, jaminan terpelihara, terlestari, dan aman dari hilang/musnah merupakan syarat mutlak demi jati diri dan kebanggaan (national identiy and pride) bangsa Indonesia.

2. Memohon kepada pengelola Museum Nasional Indonesia untuk melakukan pendataan secara rinci dampak kebakaran terhadap koleksi museum, artefak, dan bangunan agar dapat diketahui secara riil langkah-langkah penanganannya secara tepat, baik untuk koleksi artefak, ruang-ruang penempatan koleksi, dan bangunan pendukungnya.

Baca juga: Libur Sekolah, Yuk Kunjungi 3 Museum Baru Ini

3. Meminta kepada pemerintah, DPR RI, dan jajaran yang menaunginya untuk mengapresiasi Museum Nasional Indonesia bukan hanya pada bangunan dan koleksinya sebagai benda semata namun juga pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Sehingga mitigasi risiko dan sistem keamanan Museum Nasional Indonesia harus terjamin sarana dan prasarananya.

4. Saatnya pemerintah dan DPR RI memperjuangkan Undang-Undang Permuseuman dan Badan Permuseuman Indonesia agar pengelolaan dan perlindungan museum dapat dilaksanakan secara komprehensif.

5. Mengajak berbagai pihak dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama merawat dan menjaga kekayaan budaya bangsa kita yang ada di museum-museum dan cagar-cagar budaya kita.


6. Mendukung penyelidikan mendalam oleh jajaran terkait terhadap sebab dan sumber kebakaran yang terjadi di Museum Nasional Indonesia pada hari Sabtu malam, tanggal 16 September 2023.

Dari peristiwa kebakaran di Museum Nasional Indonesia, IAAI Komda Jabodetabek berharap masih banyak koleksi artefak yang bisa terselamatkan, dan dapat dilestarikan sebaik-baiknya demi ilmu pengetahuan dan kebanggaan bangsa Indonesia umumnya, generasi mendatang khususnya.

Terima kasih.

Baca juga: BRIN Kenalkan Iptek pada Siswa SMAN 1 Pontianak

Jadi itulah beberapa hal yang disampaikan oleh IAAI Komda Jabodetabek atas peristiwa Museum Nasional kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com