Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan PPG Prajabatan Diproyeksikan Isi Kekosongan Guru yang Pensiun

Kompas.com - 15/09/2023, 15:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi guru adalah suatu profesi mulia. Sebab, punya tugas untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Untuk itu, guru harus dapat bekerja dengan profesional, sehingga bisa mentransfer ilmunya pada peserta didik.

Sebagai upaya mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang profesional, maka diselenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

Baca juga: Lolos PPG Prajabatan Gelombang 1, Cek Cara Daftar PPPK Guru 2023

PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

Pada, Rabu (13/9/2023), Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Ditjen GTK telah mengumumkan sebanyak 13.206 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun Ajaran 2022/2023 telah dinyatakan lulus.

Dirjen GTK, Nunuk Suryani memberikan apresiasi atas perjuangan dan semangat para guru yang berhasil jadi guru profesional.

"Selamat kepada semua lulusan PPG Prajabatan. Saya sangat senang menyambut lahirnya guru-guru yang akan membawa perubahan pada pendidikan di Indonesia," ujarnya, dikutip dari rilis Kemendikbud Ristek.

Dijelaskan Nunuk Suryani, usai pengumuman hasil kelulusan ini, para lulusan PPG Prajabatan bakal diproyeksikan untuk mengisi kekosongan guru.

Serta menggantikan guru-guru yang pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah.

Tentu hal ini sejalan dengan visi program PPG Prajabatan yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas.

Dengan begitu, layanan pendidikan dapat berjalan dengan baik demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Nantinya, para lulusan PPG Prajabatan Gelombang 1 ini bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti rekrutmen guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Tahun 2023.

Perlu diketahui bahwa PPPK 2023 akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Maka dari itu, para lulusan tersebut juga dapat berpartisipasi.

Baca juga: 4 Kelebihan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Harus Paham

"Kami akan senantiasa berkomitmen dan berjuang dalam mengawal agar lulusan PPG Prajabatan menjadi generasi baru guru Indonesia yang berkualitas dalam mendidik anak-anak Indonesia," tandas Nunuk Suryani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com