Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perguruan Tinggi di Jakarta Berakreditasi Unggul dari BAN-PT

Kompas.com - 06/09/2023, 07:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa pastinya ingin kuliah di bangku perguruan tinggi terbaik. Apabila ingin menggapai perguruan tinggi terbaik, maka bisa melihat dari status akreditasinya.

Peringkat akreditasi itu datang dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca juga: 66 Perguruan Tinggi Miliki Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Bagi perguruan tinggi yang melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0, maka statusnya bukan lagi A, B, dan C. Namun hanya ada Tidak Terakreditasi, Akreditasi Baik, Akreditasi Sangat Baik, dan Akreditasi Unggul.

Perguruan tinggi yang unggul dalam akreditasi menjadi tempat yang serius dalam memberikan pendidikan berkualitas.

Memiliki akses yang lebih baik ke sumber daya, seperti dana penelitian, dukungan pemerintah, dan sponsor industri. Hal ini dapat mendukung penelitian, pengembangan program, dan infrastruktur kampus.

Peringkat akreditasi Unggul merupakan paling atas. Dengan kriteria, kampus itu memperoleh nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 361 dan memenuhi syarat predikat Unggul.

Sedangkan predikat Baik Sekali didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 361, tetapi tidak memenuhi syarat perlu peringkat unggul.

Sementara predikat Baik didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 301, dan lebih kecil dari 361, tetapi tidak memenuhi syarat perlu peringkat baik sekali.

Adapun nilai di bawah 200, baik memenuhi atau tidak memenuhi syarat perlu terakreditasi, maka status kampus itu tetap tidak terakreditasi.

Jika kamu ingin memilih perguruan tinggi terbaik di Jakarta, maka bisa melihat status dengan akreditasi unggul yang diterbitkan BAN-PT.

Setidaknya ada 10 perguruan tinggi yang berstatus akreditasi unggul di Jakarta. Berikut daftarnya, seperti dilansir laman BAN-PT, Rabu (6/9/2023).

1. Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Baca juga: Cerita Taufik, Kerjakan Skripsi 3 Bulan 20 Hari, Lulus IPK 3,96

3. Universitas Bina Nusantara (Binus).

4. Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com