Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Beasiswa S1-S3 Tanpa Syarat Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Kompas.com - 04/09/2023, 07:31 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak beasiswa yang menawarkan bantuan biaya kuliah hingga biaya hidup bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini tentu memberikan lebih banyak peluang bagi pelajar untuk mengejar impian pendidikan tinggi.

Hanya saja, beberapa beasiswa juga memiliki batasan usia bagi pelamarnya. Padahal, usia seharusnya bukan menjadi indikator utama dalam menilai kemauan dan kemampuan seseorang untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Hal itulah yang membuat beberapa beasiswa tidak memberlakukan persyaratan usia. Dilansir dari Instagram konsultan beasiswa luar negeri Kobi Education, berikut 6 beasiswa jenjang S1, S2, dan S3 yang tidak memiliki batasan usia bagi pelamarnya:

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

1. Beasiswa Chevening

Chevening Scholarships adalah program beasiswa penuh yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris dengan tujuan mendukung individu berbakat dari berbagai negara untuk mengejar studi lanjutan di universitas-universitas terkemuka di Inggris.

Beasiswa Chevening merupakan beasiswa S2 yang diberikan kepada individu yang memiliki potensi kepemimpinan yang kuat, memiliki rekam jejak prestasi akademik yang unggul, serta memiliki kontribusi positif pada masyarakat dan komunitas mereka.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, akomodasi, tiket pesawat pulang-pergi, biaya visa, tunjangan kesehatan serta dukungan lainnya.

Persyaratan beasiswa ini mencakup:

  • Paspor/KTP
  • Ijazah dan transkrip
  • Tiga pilihan jurusan Master yang berbeda di United Kingdom
  • 4 esai dengan topik yang telah ditentukan oleh Chevening
  • 2 surat rekomendasi dari profesional dan akademik
  • Pengalaman kerja minimal 2.800 jam/dua tahun

Baca juga: Beasiswa Chevening Dibuka September, Daftar Tanpa LoA

2. Beasiswa Fulbright

Program Fulbright merupakan program beasiswa pemerintah Amerika Serikat yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran budaya dan pendidikan internasional. Beasiswa ini memberikan biaya kuliah penuh bagi pelamarnya.

Fulbright memberikan kesempatan kepada individu dari berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk mengejar studi S2 atau S3 di perguruan tinggi dan universitas Amerika Serikat.

Beasiswa Fulbright mencakup beberapa pendanaan, seperti dukungan tes TOEFL iBT dan GRE/GMAT, dukungan bisa, tiket pesawat pulang pergi, biaya hidup, biaya kuliah penuh, dan biaya lainnya.

Persyaratan beasiswa Fulbright, yaitu:

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mencakup tujuan belajar, personal statement, dan tulisan akademis
  • Salinan skor TOEFL ITP atau IELTS (terbaru, kurang dari 2 tahun)
  • 2 salinan surat rekomendasi dari profesor yang mengenalmu dengan baik
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang diterjemahkan
  • Fotokopi KTP atau paspor
  • Curriculum Vitae (CV)

Baca juga: Beasiswa Fulbright Dibuka, Kuliah S2-S3 Gratis di Amerika Serikat

3. Australia Awards Scholarship (AAS)

AAS adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Australia dengan tujuan mendukung pengembangan sumber daya manusia di negara-negara mitra, termasuk Indonesia. Program ini menawarkan kesempatan bagi individu berbakat untuk mengejar pendidikan tinggi di perguruan tinggi dan universitas terkemuka di Australia.

Beasiswa ini mencakup berbagai jenjang pendidikan, mulai dari S2 hingga S3 (Ph.D.). Bidang studi yang ditawarkan dalam beasiswa ini mencakup area prioritas pembangunan (health security, stability, atau economic recovery).

Manfaat yang diberikan oleh beasiswa Australia Awards Scholarship meliputi biaya kuliah penuh, biaya hidup, biaya penerbangan pulang-pergi, asuransi kesehatan, serta tunjangan buku dan penelitian, serta tunjangan lainnya.

Selain manfaat finansial, program ini juga menyediakan peluang pengembangan keterampilan kepemimpinan, pelatihan profesional, serta jaringan internasional yang luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com