Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 SMA Semi Militer, Cek Peluang Beasiswanya

Kompas.com - 30/08/2023, 14:55 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Siswa SMP yang duduk di kelas 9 biasanya sudah ada gambaran akan memilih SMA, SMK mana saja untuk melanjutkan studi.

Tetapi tahukah kamu, ternyata ada SMA semi militer khusus bagi kamu yang siap jadi calon taruna di kepolisian atau TNI.

SMA semi militer untuk calon taruna menggabungkan kurikulum nasional pada umumnya dengan pelatihan kedisiplinan dan keterampilan militer.

Jika kamu lolos masuk SMA semi militer ini tentu kesempatanmu untuk menjadi polisi atau prajurit TNI terbuka lebih lebar. Bahkan ada beberapa sekolah menawarkan beasiswa dan asrama.

Baca juga: 10 Beasiswa S1 Luar Negeri buat Siswa SMK, Bisa Kuliah Gratis

Dirangkum Kompas.com, berikut 8 SMA semi militer untuk siswa SMP yang siap jadi calon taruna polisi atau TNI.

8 SMA semi militer di Indonesia

1. SMA Dwiwarna Boarding School 

Dwiwarna Boarding School menyiapkan para siswanya yang akan menjadi calon taruna lewat program Bina Jasmani (Binjas).

Program Binjas diadakan oleh sekolah yang berlokasi di Bogor ini untuk melatih fisik para calon taruna saat tes kesamaptaan.

Tersedia fasilitas lapangan, baik dalam maupun luar ruang, untuk latihan lari. Selain itu, terdapat pula kolam renang dengan panjang 25 meter. Termasuk beasiswa bagi siswa SMP yang lolos.

2. SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara dikenal sebagai sekolah semi militer naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan milik Kementerian Pertahanan.

Dibandingkan SMA pada umumnya, lulusan sekolah yang berlokasi di Magelang ini banyak yang melanjutkan ke bidang militer.

Namun, tidak ada kewajiban bagi siswa untuk memilih militer sebagai pendidikan lanjutan setelah mereka tamat dari sekolah.

Baca juga: Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akpol? Ini Jawabannya

Kurikulum yang diterapkan di sekolah calon taruna ini adalah kurikulum nasional dan kurikulum khusus. Kurikulum khusus mencakup mata pelajaran kenusantaraan, pendidikan bela negara, kepemimpinan, serta beberapa mata kegiatan.

Selama menjadi siswa, kamu berkesempatan mendaftar beasiswa dan proses seleksi tidak dipungut biaya.

3. SMA Negeri Taruna Nala

SMA Taruna Nala di Jawa Timur ini menerapkan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman dari TNI Angkatan Laut melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal).

Banyak lulusan SMA Taruna Nala melanjutkan pendidikan ke akademi militer, akademi kepolisian, perguruan tinggi, dan sekolah kedinasan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com