Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut 2.100 Lebih Maba, Prof. Chairy: PresUniv "Rumah" Mahasiswa Lintas Provinsi dan Internasional

Kompas.com - 29/08/2023, 16:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Saat menyambut 2.100 lebih mahasiswa baru, Rektor President University (PresUniv) Prof. Chairy mengingatkan PresUniv telah menjadi "rumah" bagi mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia dan juga mahasiswa internasional dari berbagai negara.

Hal tersebut kembali ditegaskan Rektor PresUniv dalam seremoni penyambutan mahasiswa baru (baru) PresUniv di President University Convention Center (PUCC), Jababeka Education Park, Kota Jababeka, Cikarang, Senin, 28 Agustus 2023.

"Jadi, para mahasiswa baru perlu manfaatkan kesempatan yang luar biasa ini untuk memperluas wawasan, menguji gagasan, dan menumbuhkan pola pikir global," pesan Prof. Chairy.

"Bergabunglah dalam kegiatan pertukaran budaya, acara-acara internasional, dan jelajahilah suasana multikultural di Presuniv," pesan Prof. Chairy.

Dalam sambutannya, Prof. Chairy juga menekankan komitmen Presuniv untuk selalu berpegang teguh pada keunggulan akademik, menumbuhkan pemikiran kritis, dan memupuk kreativitas.

“Kami akan membimbing kalian agar mampu mengeluarkan seluruh potensi terbaiknya,” tegas Prof. Chairy.

Kegiatan Pre-University

Kegiatan Pre-University PresUniv dilaksanakan selama dua pekan sejak Sabtu, 19 Agustus 2023 hingga Jumat, 1 September 2023 dalam berbagai kegiatan.

Pada pekan pertama, misalnya, mahasiswa baru mengikuti President University Leadership Program (PLP). Kegiatan ini berisi serangkaian acara, seperti moving in di mana mahasiswa diajak mengenal asrama dan kehidupannya, serta serangkaian pelatihan kepemimpinan lainnya.

Para mahasiswa akan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dengan mahasiswa asing.

Lewat interaksi tersebut diharapkan seluruh mahasiswa terbiasa untuk bersikap toleran, saling memahami perbedaan latar belakang dan budaya, termasuk menerapkan kemampuannya dalam kepemimpinan.

Baca juga: Dosen Unesa Beri 5 Cara Menjaga Hubungan Senior dan Maba di Kampus 

Pada pekan kedua, seluruh mahasiswa baru dibekali dengan berbagai informasi selaras dengan kebutuhan masa depan, di antaranya, pilihan jalur karier, sharing alumni, pentingnya sopan santun dan cara berpakaian, serta memahami pentingnya norma dan etika.

Selain itu mahasiswa baru juga diajak memahami pentingnya anti korupsi dan anti bullying, termasuk cara membangun portofolio dirinya.

Pertumbuhan mahasiswa baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com