Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Sukses Studi dari Rektor UNJ Saat Pengarahan 5.496 Maba UNJ di PKKMB 2023

Kompas.com - 21/08/2023, 19:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Sebanyak 5.496 mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (Maba UNJ) mengikuti pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 pada Senin, 21 Agustus 2023 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta.

Kegiatan PKKMB ini bertujuan mengenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru. Pembukaan PKKMB 2023 mengusung tema “Membangun Generasi Cerdas, Bermartabat dan Bereputasi Dunia” juga disiarkan melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Dalam laporan, Abdul Sukur selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga Ketua Pelaksana PKKMB UNJ 2023 mengatakan, kegiatan PKKMB dilaksanakan pada  21-26 Agustus 2023 dengan rincian agenda, pada 21 Agustus opening PKKMB, 22-25 PKKMB fakultas dan program studi dan 26 Agustus penutupan. 

Abdul Sukur menambahkan, kegiatan PKKMB UNJ tahun diikuti 5.496 mahasiswa baru, dengan rincian sebagai berikut: Fakultas Ilmu Pendidikan 576 mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni 790 mahasiswa, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 710 mahasiswa.

Selain itu dari Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 826 mahasiswa, Fakultas Teknik 1.050 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 444 mahasiswa, Fakultas Ekonomi 964 mahasiswa, dan Fakultas Pendidikan Psikologi 136 mahasiswa.

Tujuan umum kegiatan ini adalah pengenalan kepada mahasisws baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Sesuai dengan arahan kementerian tentang pedoman PKKMB dan sejalan dengan visi dan misi, maka PKKMB disusun dengan memberikan materi yang antara lain:

  • Kehidupan berbangsa bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara
  • Sistem pendidikan tinggi di Indonesia
  • Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0
  • Pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi dan kampus sehat
  • Pengembangan jejaring UNJ menuju reputasi dunia

Baca juga: 4 Tips Menjadi Mahasiswa Aktif, Penting Diketahui Maba

5 kiat sukses studi bagi maba

Dalam pembukaan acara, Rektor UNJ Prof. Komarudin berpesan, agar mahasiswa baru UNJ untuk senantiasa menjadi mahasiswa yang memiliki kejayaan dan potensi yang luar biasa.

Ia juga menyampaikan, PKKMB ini mejadi pintu masuk untuk mengenali secara langsung dan baik tentang UNJ yang akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN-BH.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNJ memberikan 5 tips untuk sukses dalam studi di perguruan tinggi, yakni:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com