Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Bertambah 5, UNS Bakal Punya 272 Guru Besar

Kompas.com - 28/08/2023, 19:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berencana mengukuhkan lima guru besar baru.

Pengukuhan kelima Guru Besar baru akan dilaksanakan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, pada Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Gagal Kuliah di Jurusan Kedokteran, Rahmat Justru Dapat Beasiswa di AS

Kelima guru besar baru itu adalah

  • Prof. Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana.
  • Prof. Susilaningsih.
  • Prof. Mujiyo.
  • Prof. Istijabatul Aliyah.
  • Prof. Ida Nurwati.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ari Handono Ramelan berharap semoga dengan penambahan lima guru besar baru bisa semakin menguatkan UNS menuju World Class University (WCU).

Guru besar baru itu, kata dia, akan datang dari berbagai fakultas, yakni Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kedokteran (FK).

"Alhamdulillah di bulan kemerdekaan ini, UNS menambah lima guru besar yang bisa memotivasi dosen-dosen lain. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima guru besar baru, semoga mampu meningkatnya mutu UNS sebagai PTN berkelas dunia," ujar dia dikutip dari laman UNS, Senin (28/8/2023).

Prof. Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Energi Angin di Perkotaan: Menyongsong Masa Depan Berkelanjutan". Dia akan menjadi guru besar ke-269 UNS dan ke-69 di FKIP.

Baca juga: Beasiswa S2 Chevening Scholarship Dibuka September 2023, Ini Syaratnya

Prof. Susilaningsih akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Peranan Pedologi dan Survei Tanah Dalam Penilaian Kinerja Tanah dan Lahan Pertanian". Dia akan menjadi guru besar ke-269 UNS dan ke-69 di FKIP.

Prof. Mujiyo akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Peranan Pedologi dan Survei Tanah Dalam Penilaian Kinerja Tanah dan Lahan Pertanian". Dia akan menjadi guru besar ke-270 UNS dan ke-40 di FP.

Prof. Istijabatul Aliyah akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Urban Resilience Strategy: Diversifikasi Layanan Sebagai Teknik Kebertahanan Pasar Tradisional di Pusat Kota". Dia akan menjadi guru besar ke-271 UNS dan ke-24 di FT.

Baca juga: Unand Kukuhkan 5 Guru Besar dari 2 Fakultas

Prof. Ida Nurwati akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Peran Akupunktur Medik pada Pembangunan Kesehatan: Suatu Refleksi dan Tantangan ke Depan". Dia akan menjadi guru besar ke-272 UNS dan ke-47 di FK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com