Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Riset, Universitas MH Thamrin Gelar "Dr Dien Award 2023"

Kompas.com - 28/08/2023, 19:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas MH Thamrin menggelar penghargaan "Dr Dien Award" bagi para periset, baik bagi mahasiswa Strata 1 maupun Pascasarjana.

Setelah melewati serangkaian tahapan, pada 28 Agustus 2023 dilangsungkan Acara Puncak Penganugerahan "Dr Dien Award" yang dilaksanakan secara langsung di Aula Universitas MH Thamrin Jakarta.

Penganugerahan "Dr. Dien Award" ini merupakan kontribusi dr. Sudinarjati sebagai pemilik Yayasan Pendikan Abdul Radjak dalam mendukung peningkatan riset dan publikasi di Universitas MH Thamrin (UMHT) melalui pemberian bantuan dana secara pribadi.

"Dien Award ini merupakan suatu hal pembeda antara UMHT dengan perguruan tinggi swasta lain, karena kami ingin memberikan dukungan pada mahasiswa, yang merupakan mitra utama UMHT," kata Sudinarjati, dalam acara "The 1st DR Dien Award 2023", Senin (28/8/2023).

Ia mengungkapkan kegiatan Dien Award ini diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa dalam bidang penelitian serta meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa melalui pemberian award.

"Harapannya dengan pemberian award ini, UMHT akan menghasilkan riset-riset unggul yang memiliki nilai manfaat besar bagi masyarakat," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, pemberian "Dr Dien Award" akan terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang, yakni setiap dua tahun, di tahun ganjil, guna mendorong peningkatan mutu tri Dharma perguruan tinggi di UMHT dan peningkatan publikasi ilmiah yang dihasilkan dari penelitian sosen dan mahasiswa.

"Sehingga tercipta kampus UMHT berbudaya riset. Selain itu harapannya mahasiswa menjadi semangat berkuliah di UMHT dan bangga menjadi lulusan UMHT karena UMHT memiliki program pendanaan riset yang berkelanjutan," jelasnya.

Rektor UMHT, Daeng Muhammad Faqih menyampaikan, gelaran "Dr Dien Award" ini dibagi menjadi tiga kategori sesuai bidang keilmuan, yaitu eksakta, humaniora dan pascasarjana.

Baca juga: Riset Indeks Bisnis UMKM BRI: Bisnis UMKM Terus Berekspansi dan Optimistis Hadapi Q3

"Di UMHT ada empat fakultas dan 22 prodi. Dengan yang paling banyak memang dari sektor kesehatan, sesuai dengan sejarahnya UMHT ini. Apalagi lulusan. UMHT memang sudah dipercaya oleh beberapa lembaga kesehatan dalam dan luar negeri," kata Faqih.

Mendorong pengembangan riset

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com