Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 13:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ova Emilia mengaku alumni UGM telah mencapai lebih dari 375.000 mahasiswa.

Angka itu tersebar di berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Disabilitas UGM, Lulus Kuliah Hukum dengan IPK 3,75

"Kita patut senang dan bangga dengan alumni kita yang telah mengabdi di area tertinggal, terdepan, dan terluar," ucap dia dikutip dari laman UGM, Jumat (25/8/2023).

Rektor menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu alumni dari Fakultas Kehutanan UGM yang kini tengah memimpin Indonesia dalam waktu dua periode.

"Kita juga patut berbangga karena alumnus dari Kampus Biru dan Kampus Kerakyatan ini menjadi pemimpin nomor satu di negeri ini, yakni Presiden Jokowi. Dia salah satu alumni dari Fakultas Kehutanan," jelas dia.

Menurut dia, Jokowi merupakan salah satu lulusan yang berhasil menjadi pemimpin bangsa.

Dia berharap UGM terus melahirkan calon pemimpin di masa mendatang untuk membawa pembangunan Indonesia lebih maju dan berkembang.

"Ke depan, kita ingin, semakin banyak calon pemimpin yang lahir dari kampus ini. Sebab, republik ini membutuhkan sumbangsih pemikiran dan kontribusi dari alumnus UGM yang memiliki visi dan pandangan jauh ke depan," ujar dia.

Prof. Ova berpesan kepada lulusan UGM agar menjadi sosok pribadi terpelajar yang akan menjadi ujung tombak kekuatan negeri ini.

Baca juga: Dosen UMM: Ini 3 Penyebab dan Solusi Polusi Udara di Jakarta

Hal ini demi menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Kami percaya bahwa bekal pengetahuan dan kompetensi yang lulusan miliki saat ini mampu menjadi daya kekuatan tersendiri bagi terwujudnya transformasi negeri ini," pesan Prof Ova.

UGM baru mewisuda 1.609 mahasiswa

Kampus kembali mewisuda sebanyak 1.609 lulusan Program Sarjana di Grha Sabha Pramana UGM, pada Kamis (24/8/2023).

Dari 1.609 lulusan berasal dari 10 fakultas, yakni Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Filsafat, dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Baca juga: 10 Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia, Ada 1 PTS

Masa studi rata-rata lulusan program Sarjana periode ini adalah 4 tahun. Usia rata-rata lulusan Program Sarjana adalah 22 tahun 6 bulan 15 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com