Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi PKK FT UNJ Gelar Rangkaian PkM di Muara Gembong Bekasi

Kompas.com - 24/08/2023, 15:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta (Prodi PKK FT UNJ) menggelar rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Sejak tahun 2022, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi sudah bermitra dan menjadi wilayah binaan dari FT UNJ. Kegiatan PkM FT UNJ dilakukan tim dosen Prodi PKK FT UNJ ini dilaksanakan pada 15 Agustus 2023 lalu dan di SDN Pantai Mekar 03, Muara Gembong, Bekasi.

Pada rangkaian PkM yang dilakukan oleh tim dosen PKK FT UNJ, di antaranya adalah perpustakaan mini.

Nurlaila A. Mashabi dan Mulyati yang merupakan dosen Prodi PKK FT UNJ dan tim memberikan pelatihan “Pelatihan Pembuatan Hiasan Dinding sebagai Dekorasi Ruang Untuk Meningkatkan Minat Membaca” kepada guru-guru di SD Negeri Pantai Mekar 03 tentang pembuatan hiasan dinding.

Tujuan dari pelatihan ini agar para guru dapat kreatif dalam membuat hiasan dinding pada perpustakaan sehingga para siswa nantinya menyukai perpustakaan dan meningkatkan minat baca bagi siswa di perpustakaan.

Tim dosen Prodi PKK FT UNJ yang terdiri dari Maya Oktaviani, Uswatun Hasanah, Elmanora, Cantika Clarinta, Eko Gusti Priambodo, Abdul Malik beserta tim melakukan kegiatan PkM dalam bentuk sosialisasi “Pengelolaan Sumber Belajar untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak di Desa Pantai Mekar”.

Sosialisasi bertujuan menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak dan proses belajar serta pembelajaran anak berjalan dengan efektif dan efisien.

Sementara itu dosen Prodi PKK FT UNJ yang lain, yakni Vania Zulfa dan Prastiti Laras Nugraheni beserta tim mahasiswa berupaya menumbuhkembangkan kepedulian anak-anak di SD Negeri Pantai Mekar 03, melalui sumber belajar berupa Pohon Literasi Lingkungan.

Pemberian edukasi “Pohon Literasi sebagai Sumber Belajar untuk Menumbuhkembangkan Kepedulian Lingkungan Anak di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat” ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui permainan menuliskan permasalahan dan solusi terkait lingkungan pada sticky notes dan ditempelkan pada pohon literasi.

Baca juga: Lewat Pengabdian Masyarakat, Fakultas Farmasi UP Tingkatkan Kesehatan di Serang

 

Selain itu cara mengurangi kerusakan akibat sampah, juga ditunjukkan kepada siswa dengan aksi nyata berupa hasil pengolahan limbah menjadi barang-barang yang berguna melalui teknik recycling.

Dari desa wisata hingga peningkatan literasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com