Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Artis hingga Politikus Dikukuhkan Jadi Maba Unair

Kompas.com - 19/08/2023, 10:05 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Pada prosesi pengukuhan mahasiswa baru (Maba) jenjang pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), ada sejumlah artis hingga politikus yang turut dikukuhkan.

Adapun acara pengukuhan maba Unair tersebut digelar secara hybrid yang dipimpin langsung oleh Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., Jumat (18/8/2023).

Kali ini, maba pascasarjana Unair yang dikukuhkan sebanyak 1.623 orang. Mereka menjadi bagian dari mahasiswa baru program doktor, magister, spesialis dan profesi tahun akademik 2023/2024.

Dari jumlah itu, terdapat nama-nama yang sudah familiar di telinga masyarakat. Mulai dari artis hingga politikus jadi maba Unair.

Baca juga: Dosen FK Unair: Ini Cara Memberi Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Seperti Ashanty Hastuti, artis Ibu Kota yang kini resmi menjadi mahasiswi baru jenjang doktor bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Tentu Ashanty mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar Unair. Apalagi, ini menjadi kali pertamanya kembali menjalani kuliah setelah sekian lama menuntaskan masa studi di jenjang magister.

Ashanty berharap dapat menuntaskan studi doktoral dalam waktu yang singkat, meski di tengah kesibukannya menjalani aktivitas sebagai seorang entertainer.

"Saya berharap semoga saya bisa lulus dalam waktu yang cepat. Mohon bantuannya untuk bisa merealisasikan itu, ya, karena jujur ini juga pertama kali saya kuliah lagi setelah kemarin S2," ujarnya, dilansir dari laman Unair.

Sementara Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Timur, Torino Junaedi juga turut dikukuhkan menjadi maba Unair program doktoral bidang Hukum dan Pembangunan.

Torino berharap bisa memperoleh lebih banyak ilmu dan wawasan untuk diimplementasikan, khususnya pada organisasi yang kini ia pimpin.

"Tentu sangat senang kami bisa bergabung di Unair. Harapannya, kami bisa menambah wawasan dan bisa mendapat lebih banyak ilmu di perkuliahan ini. Sehingga bisa kami implementasikan di sisa-sisa usia kami," terang dia.

Tak hanya itu saja, tokoh politik nasional yakni La Nyalla Mattalitti yang menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) juga turut dikukuhkan jadi maba Unair.

Sedang mahasiswa baru dari kalangan tokoh penting lain juga datang dari instansi pemerintah maupun swasta.

Baca juga: Maba FK Unair Ini Sempat Gagal 15 Kali dari Berbagai Institusi

Seperti Rosa Vivien Ratnawati (Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Muhammad Nabil (Ketua Umum KONI Jawa Timur) dan Tribuana Tungga Dewi (Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Syariah Indonesia).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com