Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahestu Terpilih Jadi Dekan FBE UAJY, Ini Program Kerjanya

Kompas.com - 15/08/2023, 11:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) akhirnya memiliki dekan baru untuk periode 2023-2027.

Adapun dekan terpilih tersebut ialah W. Mahestu Noviandra Krisjanti, Ph.D. Mahestu terpilih setelah mengikuti proses pemilihan selama 2 bulan.

Pada proses pemilihan Dekan FBE UAJY sebelumnya diikuti 3 calon dekan yakni W. Mahestu Noviandra Krisjanti, Ph.D., Dr. A. Totok Budisantosa dan Dr. Anna Purwaningsih.

Namun keputusan Yayasan Slamet Riyadi (YSR) telah menetapkan Mahestu (Dosen Departemen Manajemen) sebagai dekan terpilih.

Baca juga: Kuliah Umum di FBE UAJY Jelaskan Manfaat Dedolarisasi

Ketiga calon dekan tersebut kemudian melewati tahapan seleksi yang meliputi:

  1. Presentasi program kerja di depan forum karyawan, dosen dan mahasiswa.
  2. Test kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk.
  3. Test kemampuan manajerial yang dilakukan oleh lembaga profesional.
  4. Presentasi dan wawancara di depan pengurus YSR dan Romo Moderator.

Menurut Dekan FBE UAJY periode 2018-2023, Budi Suprapto, Ph.D., tantangan dekan beserta pengurus FBE UAJY mendatang tidak ringan.

Masalah seperti jabatan fungsional dan studi lanjut program doktor masih menjadi masalah klasik.

"Tugas lain adalah melanjutkan proses akreditasi internasional ACBSP (Accreditation Council for Business Schools and Programs) dan pembukaan Program Doktor Manajemen," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/8/2023).

Di samping itu, ada pula tugas menuju akreditasi LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Bisnis Akuntansi).

Baca juga: Kuliah Umum di UAJY Bahas Pembayaran Digital dan Rupiah Digital

Sementara Dr. Y. Sri Susilo (Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY) mengatakan, dengan pilihan Wakil Dekan yang tepat maka kinerja Dekanat akan lebih optimal untuk menjalankan tugas ke depan yang semakin berat.

Kinerja pengurus FBE UAJY tentu tidak semata ditentukan oleh Dekanat saja namun juga oleh kinerja pengurus Departemen dan Prodi.

"Kinerja dari Tenaga Kependidikan yang semakin baik juga menjadi faktor penting bagi dekan dalam menjalankan tugasnya," harap Susilo.

Dekan FBE UAJY terpilih, Mahestu telah menyusun rencana strategis dengan mengoptimalkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada.

Hal tersebut dijelaskan oleh Mahestu pada saat menjelaskan program kerjanya. Terkait dengan rencana strategis tersebut, Mahestu juga akan menetapkan 6 sasaran, yaitu:

  1. sasaran pemasaran
  2. sasaran sumber daya manusia
  3. sasaran akademik
  4. sasaran Kerjasama
  5. sasaran budaya organisasi
  6. sasaran tata kelola organisasi

"Saya menyadari tugas Dekan FBE UAJY semakin berat dan menghadapi tantangan tren penurunan jumlah mahasiswa, jabatan akademik khususnya Guru Besar dan Lektor Kepala, dosen bergelar doktor, kinerja riset serta publikasi dan potensi penurunan akreditasi,"terang Mahestu.

Nantinya, Dekan baru FBE UAJY akan memulai tugasnya per 1 September 2023. Untuk posisi Wakil Dekan, Ketua Departemen, Ketua Program Studi, dan jabatan lain yang baru akan bertugas mulai 1 Oktober 2023.

Baca juga: Sri Nurhartanto Jabat Lagi Rektor UAJY, Ini Tantangan dan Harapan ke Depan

"Mari kita dukung Dekan FBE UAJY yang baru agar mampu menjalankan tugasnya dengan optimal," harap Susilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com