Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Sediakan Banyak Pilihan Beasiswa bagi Mahasiswa Baru

Kompas.com - 15/08/2023, 10:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengaku banyak beasiswa yang bisa digapai oleh mahasiswa baru, khususnya bagi mereka yang datang dari kalangan tidak mampu.

Kepala Subdirektorat Beasiswa, Nenden Rina Ratnakomala mengaku, ITB ters mengupayakan penyediaan beasiswa, baik yang bersumber dari ITB, dana masyarakat, pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga: Ada Toilet Gender Netral di Salah Satu Sekolah Internasional, Kemendikbud Buka Suara

"Harapannya tidak ada mahasiswa yang terkendala dalam kegiatan akademik maupun pengembangan diri karena hambatan biaya," kata dia dikutip dari laman ITB, Selasa (15/8/2023).

Dia mengungkapkan, ada banyak jenis beasiswa yang bisa dimanfaatkan mahasiswa, seperti beasiswa UKT, beasiswa Bantuan Biaya Hidup, dan beasiswa Bantuan Tugas Akhir (TA).

Menurut statistik Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, terdapat 12 mitra beasiswa pemerintah dan 58 mitra beasiswa nonpemerintah pada tahun 2022.

Perbedaan UKT dan BPP di ITB

Direktur Keuangan ITB Dr. Anas Ma'ruf menjelaskan perbedaan antara Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP).

Dia mengatakan, pemerintah melalui Ditjen Diktiristek menetapkan UKT sebagai tarif kuliah yang berbeda-beda tergantung pada kategori dan jalur penerimaan mahasiswa.

Baca juga: Cerita 2 Siswa SMA Labschool Cibubur Ikut Jambore Dunia di Korsel

"Setelah penetapan, UKT ini menjadi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) pada sistem informasi akademik ITB," jelas dia.

Total penerimaan mahasiswa baru ITB tahun akademik 2023/2024

ITB menerima mahasiswa baru program sarjana (S1) dari beberapa jalur, baik Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

Pada jalur SNBP, ITB menerima 2.093 mahasiswa baru. Di jalur SNBT, ITB menerima sebanyak 1.793 mahasiswa baru.

Baca juga: IPB Berikan Golden Ticket untuk 15 Ketua OSIS, Berikut Namanya

Sedangkan pada jalur seleksi Mandiri, ITB menerima 1.045 mahasiwa baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com