Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Situs Belajar Bahasa Jepang Gratis yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 30/07/2023, 06:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Jepang, salah satu yang harus kamu kuasai adalah bahasa Jepang.

Ada banyak universitas di Jepang yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Selain punya pendidikan yang berkualitas, budaya Jepang juga menarik perhatian masyarakat dari seluruh dunia.

Jika kamu ingin belajar bahasa Jepang, ada beberapa situs belajar Bahasa Jepang gratis yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Bahkan dengan kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki, juga membuka peluang untuk bisa bekerja di Jepang.

Baca juga: Cek 20 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

7 situs belajar bahasa Jepang gratis

Dilansir dari laman sekolah Dwiwarna, Sabtu (29/7/2023) membagikan informasi mengenai 7 situs belajar Jepang gratis yang bisa kamu akses.

Untuk bisa menguasai Bahasa Jepang, ada tiga dasar huruf Bahasa Jepang yang perlu dipelajari, yaitu, Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Selain huruf, siswa yang ingin belajar bahasa Jepang juga perlu mengenal cara berbicara dengan orang Jepang, kalimat sapaan seperti apa yang biasa digunakan, dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan situs belajar Bahasa Jepang gratis ini, kamu akan belajar mengenal, membedakan, sekaligus menguasai materi tersebut. Berikut situs belajar bahasa Jepang yang bisa kamu akses secara gratis:

1. Busuu.com

Situs belajar bahasa Jepang gratis Busuu.com memberikan metode belajar yang menyenangkan untuk diikuti dan tentunya sesuai dengan level pengetahuanmu tentang Bahasa Jepang.

Setelah kamu berhasil registrasi, Busuu.com akan membawamu masuk ke dalam chapter 1 yang merupakan bagian perkenalan.

Saat belajar melalui situs ini, kamu akan mengikuti pembelajaran menggunakan video. Selain itu juga diajak menjawab pertanyaan, dan mencocokan kalimat. Setelah dinyatakan lulus, kamu akan masuk ke chapter selanjutnya.

2. JStudy Magazine

Situs belajar Bahasa Jepang gratis selanjutnya adalah JStudy Magazine. Melalui situs ini, kamu bisa mempelajari tata bahasa, kosakata, tiga huruf dasar, dan budaya Jepang melalui artikel mereka tanpa harus registrasi.

Untuk menguji kemampuan bahasamu, JStudy Magazine juga menyediakan kuis yang terdiri dari delapan bagian.

Baca juga: Universitas Pertahanan: Kenali Jalur Masuk, Jurusan dan Syarat Daftar

3. Marugoto Online

Situs belajar Bahasa Jepang gratis berikutnya adalah Marugoto Online. Pengelola situs ini adalah The Japan Foundation dengan tujuan untuk melaksanakan program pertukaran budaya secara komprehensif ke seluruh dunia.

Marugoto Online menggunakan sistem CEFR (Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment) yang merupakan penggambaran standar kecakapan bahasa.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com