Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sabdo Buat Ide Bisnis Akuwater, Raih Pendanaan Rp 100 Juta

Kompas.com - 21/07/2023, 18:42 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sabdo Langit, mahasiswa Universitas Bani Saleh angkatan 2019 bersama keenam temannya, yakni Pandu Nuraji W, Rafi Difta, Putri Ayu, Edeline Patricia, Windy Dyah, dan Dzikra Putri berhasil meraih pendanaan sebesar Rp 100 juta berkat ide bisnis Akuwater pada program Wirausaha Merdeka (WMK) 2022.

Ia dan tim kini telah mengenalkan bisnis mereka ke masyarakat dan mempromosikan ide tentang cara-cara yang lebih ramah lingkungan untuk mengakses air bersih.

Ingin mengurangi sampah plastik

Pada program WMK di Universitas Indonesia (UI), Desember 2022 lalu, Sabdo dan tim membuat ide bisnis Akuwater, mesin penjual air isi ulang otomatis atau vending machine yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kisah Alfatea, Lulus Summa Cumlaude IPK 3,97 dari Kedokteran UB

Sabdo mengatakan, sejak lama ia ingin sekali menciptakan sebuah perubahan kecil di lingkungan sekitarnya, dimulai dengan mengurangi jumlah sampah plastik.

Karena itu, ketika Sabdo mendengar tentang program Kampus Merdeka "Wirausaha Merdeka" di Universitas Indonesia, dia langsung mendaftar tanpa ragu-ragu.

Meski ia dan tim menghadapi banyak tantangan selama program, Akuwater berhasil membuat prototipe yang luar biasa dan mempresentasikannya dengan percaya diri pada Demo Day UI Incubate berkat kerja keras dan kerja sama tim yang kuat.

Setelah presentasi, mereka menerima kabar gembira bahwa ide bisnis mereka telah lolos pendanaan sebesar Rp 100 juta pada program UI Incubate dengan kategori Product Market Fit (PMF).

"Ketika kita ingin menciptakan sebuah perubahan, lakukanlah hal yang sederhana terlebih dahulu namun tetap dengan kerja keras dan pantang menyerah," ujarnya dilansir dari Instagram Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: Kemendikbud Buka Program WMK Angkatan 2, Cetak Wirausaha Muda

Kisah Sabdo dan tim Akuwater adalah inspirasi bagi siapa saja yang ingin menciptakan perubahan kecil dalam lingkungan sekitar.

Mereka telah menunjukkan bahwa dengan semangat pantang menyerah dan kerja keras, bahkan ide yang sederhana dapat menjadi bisnis yang sukses dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Bagi mahasiswa yang juga memiliki ide bisnis, dapat merealisasikan ide bisnis dengan cara mengikuti Wirausaha Merdeka (WMK) yang pendaftarannya ditutup Jumat (21/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com