Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Suara Mayoritas, Prof. Komarudin Terpilih Jadi Rektor UNJ 2023-2027

Kompas.com - 17/07/2023, 16:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Prof. Komarudin ditetapkan kembali sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terpilih untuk periode 2023-2027. Keputusan ini diperoleh pasca UNJ menyelesaikan pemilihan rektor pada Senin, 17 Juli 2023 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Berdasarkan hasil pemungutan suara oleh Senat UNJ dan kuasa Mendikbudristek yang berjumlah 112 suara sah dari total 114 suara, Prof. Komarudin mengantongi 82 suara dari 113 suara sah.

Prof. Komarudin mengungguli dua calon lainnya yaitu Prof. Ucu Cahyana meraih 30 suara dan Muhammad Yusro meraih 0 suara dari total 112 suara sah.

Selain dihadiri anggota Senat UNJ, pemilihan rektor UNJ juga turut dihadiri Kuasa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Sri Gunani Pratiwi selaku Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Sri Gunani menyampaikan, pemilihan Rektor UNJ sudah sesuai prosedur dengan berbagai tahap.

"Hari ini adalah tahapan terakhir pemilihan. UNJ menjadi salah satu kampus PTN yang turut mendukung visi, misi, dan tujuan kementerian dalam mencapai perbaikan pendidikan Indonesia dan visi emas Indonesia 2045," ungkap Sri Gunani.

"Kepada rektor terpilih, pesan dari Mas Menteri untuk tetap mendukung kebijakan Kemendikbudristek, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Nantinya kebijakan kementerian ini disinergiskan kepada program kerja Rektor terpilih yang nanti akan dilantik langsung Mas Menteri, Nadiem Makarim," pesannya. 

"Dan minta didukung juga Rektor terpilih ini oleh semua pihak sivitas UNJ agar program di UNJ berjalan dengan baik untuk membangun Indonesia kedepan," tutup Sri Gunani.

Raih mayoritas suara

Ketua Senat UNJ Prof. Hafid Abbas menjelaskan, dari 114 suara dan yang sah 112 suara, karena ada 1 perwakilan kementerian dan 1 anggota senat tidak hadir.

"Prof. Komarudin raih 82 suara, 30 suara Prof. Ucu Cahyana, dan 0 suara ke doktor Muhammad Yusro. Dengan ini saya, menetapkan calon rektor terpilih untuk kita terima," tegas Prof. Hafid.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Pemilihan Rektor UNS 2023-2028 Akan Diulang

"Selamat dan semoga diperiode kedua ini, Prof. Komarudin semakin membawa UNJ sesuai visi dan misi UNJ," ucap Prof. Hafid Abbas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com