Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Tanggal Masuk Sekolah 2023 Jawa Tengah, 10 Atau 17 Juli?

Kompas.com - 10/07/2023, 19:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orangtua dan siswa perlu mencatat tanggal masuk sekolah 2023 di provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Untuk hari pertama masuk sekolah dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di masing-masing provinsi memang berbeda-beda.

Misalnya di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ada sekolah yang Senin (10/7/2023) menjadi hari pertama masuk sekolah dan mengikuti MPLS.

Namun ada pula sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tanggal 17 Juli 2023 mendatang baru masuk sekolah.

Baca juga: Cara dan Jadwal Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap 2 SMA/SMK

Tanggal masuk sekolah 2023 Jawa Tengah

Lantas, kapan tanggal masuk sekolah 2023 di Jawa Tengah? Apakah hari ini tanggal 10 Juli atau 17 Juli 2023 mendatang?

Merangkum dari kalender pendidikan provinsi Jawa Tengah, berikut tanggal masuk siswa di jenjang SD/MI/SDLB/MILB, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA/SMK/MAK di Jawa Tengah.

Permulaan tahun ajaran 2023/2024 adalah hari Senin tanggal 17 Juli 2023 atau pekan depan.

Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun ajaran baru dimulai dengan kegiatan MPLS, yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundangan.

Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan berlangsung selama 3  hari mulai hari Senin tanggal 17 Juli 2023 dan berakhir pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023.

Satu hari setelah pelaksanaan MPLS yakni pada tanggal 21 Juli 2023, satuan pendidikan dapat melaksanakan program mengenal mitra sekolah.

Baca juga: Binus Buka 6 Ekstrakurikuler bagi Siswa SMA, Ada Belajar Investasi

Setelah mengikuti MPLS, siswa di Jawa Tengah akan berada di sekolah dan mengikuti pembelajaran sesuai jadwal.

Di kalender pendidikan provinsi Jawa Tengah, ada aturan tersendiri terkait durasi pembelajaran di sekolah. Berikut informasinya:

Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka untuk SD/MI yakni 35 menit, SMP/MTs dengan durasi 40 menit, dan SMA/MA/SMK/MAK berdurasi 45 menit.

Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka untuk SDLB/MILB berdurasi 30 menit, SMPLB berdurasi 35 menit, dan dan SMALB berdurasi 40 menit.

Sedangkan waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka pada bulan Ramadhan untuk SD/MI berdurasi 30 menit, SMP/MTs berdurasi 35 menit, dan SMA/MA/SMK/MAK durasinya 40 menit.

Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka setiap jam pelajaran tatap muka pada bulan Ramadhan untuk SDLB/MILB berdurasi 25 menit, SMPLB berdurasi 30 menit, dan SMALB berdurasi 35 menit.

Demikian informasi mengenai tanggal masuk sekolah 2023 Jawa Tengah yang perlu diketahui orangtua dan siswa.

Baca juga: Biaya Kuliah di Unsoed Jalur Mandiri 2023, Ini Besaran Uang Pangkalnya

Meski saat ini siswa di Jawa Tengah masih libur, kamu harus mulai mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa saat hari pertama masuk sekolah 17 Juli 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com