Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

69 Prodi Unib Raih Akreditasi Internasional dari ACQUIN

Kompas.com - 04/07/2023, 18:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 69 program studi (Prodi) Universitas Bengkulu (Unib) raih akreditasi internasional dari lembaga The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN).

ACQUIN adalah asosiasi terdaftar pada EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education).

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

EQAR merupakan lembaga akreditasi, sertifikasi, dan penjaminan mutu bertaraf internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 83/P/2020 Tanggal 24 Januari 2020.

"Alhamdulillah, pihak Kantor Pusat ACQUIN di Jerman yang menyatakan sebanyak 69 Prodi di delapan fakultas selingkung Unib ditambah satu akreditasi institusi telah dinyatakan terakreditasi internasional," kata Rektor Unib Dr. Retno Agustina Ekaputri melansir laman Unib, Selasa (4/7/2023).

Dengan begitu, kata dia, Unib akan menerima 70 sertifikat akreditasi internasional dari ACQUIN.

Dia mengaku, saat ini sertifikat akreditasi internasional yang telah diterbitkan oleh ACQUIN, yaitu untuk Fakultas Teknik UNIB yang mencakup 6 prodi, yaitu Civil Engineering, Mechanical Engineering, Electrical Engeneering, Computer Science, Architecture, dan Informatic System.

Untuk prodi lainnya, akan diumumkan secara bertahap pada Juli-September 2023.

Pengumuman, pengiriman sertifikat akreditasi, dan berkas hasil penilaian beserta rekomendasi-rekomendasi dilakukan secara elektronik dan puncaknya nanti akan diserahkan secara langsung (luring) oleh pihak ACQUIN yang direncanakan akan disaksikan oleh Kemendikbud Ristek.

Atas capaian yang luar biasa dan sangat menggembirakan ini, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran.

Mulai dari para Wakil Rektor, Kepala Biro, para Dekan, ketua-ketua lembaga, kepala unit kerja selingkung UNIB, dan lainnya.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beri 5 Tips Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging

"Keberhasilan ini adalah milik kita semua. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung proses akreditasi internasional ini," jelas dia.

Akreditasi internasional ini, lanjut dia, sangat penting bagi kampus dalam mendongkrak capaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Tak lupa, peningkatan akreditasi ini sekaligus membuktikan slogan Unib yang Unggul akan menjadi kenyataan.

Baca juga: Indomaret Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 di 4 Daerah

"Sebar luaskan informasi keberhasilan ini sehingga kita semua dapat ikut merasakan kebahagiaan atas hasil perjuangan yang telah dilakukan selama ini," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com