Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIS UNJ Gandeng Universitas Leipzig Jerman Jalin Kolaborasi Internasional

Kompas.com - 03/07/2023, 14:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascapandemi Covid-19, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) bersama Universitas Leipzig, Jerman dan Universitas Brawijaya menggelar kegiatan “Taking Perspectives: “Higher Education Dialogue with the Muslim World”.

Sebagai informasi, kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2010 lalu dan sempat beberapa kali mengalami penggantian nama seperti "Join Summer Program", "Law and Culture", dan sekarang "Taking Perspective".

Kegiatan ini mendapat pendanaan dari Lembaga Pertukaran Akademis Jerman atau Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

“Taking Perspectives: Higher Education Dialogue with the Muslim World” terdiri atas beberapa kegiatan. Kegiatan pertama dilakukan pada 18-29 Juni 2023 di Kota Leipzig, Jerman.

Kegiatan diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Leipzig, Jerman dibawah koordinasi Prof. Christoph Enders dan Fakultas Ilmu Sosial dan Filsafat Universitas Leipzig, Jerman dibawah koordinasi Prof. Thomas Schmidt-Lux.

Selain kegiatan di Universitas Leipzig, Jerman, kegiatan akan dilanjutkan di UNJ pada 28 Oktober 2023 hingga 1 November 2023. Kemudian acara akan berlanjut di Universitas Brawijaya Malang dari 2-6 November 2023.

Kerja sama FIS UNJ, Universitas Leipzig, Jerman dan Universitas Brawijaya bertujuan meningkatkan kemampuan memahami dan mengambil perspektif dalam konteks pendidikan teoritis dari tema kegiatan serta integrasi metodologis dalam disiplin ilmu serta memperkuat kehadirannya dalam konteks akademik.

Selain itu juga kegiatan ini merupakan program internasionalisasi FIS UNJ dalam rangka upaya mencapai World Class University.

Untuk tahun 2023 ini, FIS UNJ mengirimkan tiga dosen terdiri dari;

  • Heryanti Utami (Prodi Usaha Jasa Pariwisata FIS UNJ)
  • Rihlah Nur Aulia (Prodi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ)
  • Nada Arina Romli (Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ)

Selain dosen, beberapa mahasiswa juga turut dalam kegiatan ini yaitu;

Baca juga: SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi Gapai Medali Perak di Jerman

  • Lyzia Nabilla (Prodi Geografi, FIS UNJ)
  • Tamaya Cethsa Gloria Untailawan (Prodi Usaha Jasa Pariwisata FIS UNJ)
  • Amelia Azani Noor Daulay (Prodi Sosiologi FIS UNJ)
  • Raghyl Syifa Sayidina (Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ).

Pertukaran pengetahuan dan budaya

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com