Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Prodi Unila Paling Diminati Saat UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 23/06/2023, 13:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Lampung (Unila) mengumumkan hasil UTBK SNBT 2023 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (20/6/2023) sore.

Sebanyak 5.348 calon mahasiswa dinyatakan lolos seleksi UTBK SNBT 2023 di Unila, dari total 28.759 pendaftar.

Baca juga: 20 PTN Penerima Pendaftar Terbanyak di UTBK SNBT 2023

"Unila resmi menerima calon mahasiswa sebanyak 5.348 dari kuota 5.775 yang disediakan," ucap Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Dr. Fitra Darma melansir laman Unila, Jumat (23/6/2023).

Fitra menyampaikan, rataan nilai UTBK tertinggi diraih program studi (Prodi) Pendidikan Dokter, Farmasi, Teknik Informatika, dan Digital Bisnis.

Adapun program studi dengan peminat terbanyak tahun ini, yaitu Pendidikan Dokter dengan jumlah peminat 2.281 pendaftar, disusul Hukum 2.157 peminat, dan Manajemen dengan jumlah peminat 1.586 orang.

"Perbandingan tingkat keketatan keseluruhan dari total peminat adalah satu berbanding enam orang dengan jumlah peminat 28.759 dan total calon mahasiswa yang diterima 5.348," jelas Fitra.

Selain UTBK SNBT, Unila juga membuka beberapa program seleksi mandiri yang dibuka mulai tanggal 20 Juni 2023 sampai dengan 30 Juni 2023.

Beberapa jalur mandiri yang dibuka adalah SMPTL, PMPAP, Prestasi Khusus, dan Kelas Internasional untuk fakultas ekonomi dan bisnis.

Salah satu program seleksi jalur mandiri yang baru dibuka pada tahun ini, yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Lampung (SMPTL).

SMPTL merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan Unila dengan mengikutsertakan secara bersama perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Lampung.

Baca juga: 8 Kampus Milik BUMN Buka Beasiswa Kuliah Gratis 2023, Ini Syaratnya

Unila bekerja sama dengan empat perguruan tinggi swasta di Lampung untuk menyelenggarakan SMPTL tahun 2023.

Keempat PTS tersebut meliputi Universitas Malahayati, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

Secara umum, SMPTL bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang berpotensi dan berkualitas akademik untuk melanjutkan studi di Unila atau di salah satu PTS anggota SMPTL tahun 2023.

Seleksi dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan Unila.

Unila terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menerapkan prinsip Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif (Proaktif).

Baca juga: Jalur Mandiri UB 2023 Dibuka, Bisa Pakai Nilai Rapor dan UTBK 2023

Dengan demikian, Unila berharap dapat menghasilkan sumber daya manusia unggul dari para calon mahasiswa yang akan berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia Emas serta mengembalikan marwah Unila sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com