Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos UTBK 2023 Lintas Jurusan di Unair, Siswa Wajib Ikut Matrikulasi

Kompas.com - 22/06/2023, 14:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) menerima 2.672 mahasiswa baru dari total 34.159 pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 yang hasilnya diumumkan pada Selasa (20/6/2023).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 555 diantaranya merupakan mahasiswa baru calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Mohammad Nasih menyampaikan bahwa nilai rata-rata mahasiswa baru Unair jalur SNBT mencapai 648,92. Skor tersebut membuat Unair menduduki posisi lima besar perguruan tinggi negeri (PTN) dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi secara nasional.

“Selain itu yang tidak kalah penting juga terkait skor UTBK. Alhamdulillah, rata-rata kita nomor lima secara nasional dengan skor 648,92,” tutur Nasih.

Baca juga: 10 Jurusan Terketat dan Terfavorit UGM di UTBK SNBT 2023

Menurut Nasih, ada beberapa program studi rumpun sains dan teknologi (saintek) maupun sosial dan humaniora (soshum) dengan nilai rata-rata tertinggi.

Pada rumpun saintek, program studi (prodi) Kedokteran menempati urutan teratas dengan nilai rata-rata 735,92 yang kemudian disusul oleh prodi Teknologi Sains Data, Sistem Informasi, Kedokteran Gigi, dan Statistika.

Sementara itu, nilai rata-rata tertinggi pada rumpun soshum berada di program studi Psikologi dengan nilai rata-rata mencapai 676,92 dan Akuntansi dengan nilai rata-rata 672,42.

Baca juga: 20 Jurusan Paling Diminati di SNBT 2023, Kedokteran Unpad Nomor 1

Mahasiswa baru lintas lurusan wajib lulus matrikulasi

Nasih juga menyampaikan bahwa dari total 2.672 peserta SNBT 2023 yang diterima, ada 33 mahasiswa baru diantaranya yang merupakan siswa-siswi lintas jurusan. Beberapa dari mereka memilih program studi yang sama sekali berbeda dengan penjurusan saat SMA.

Dalam menyikapi hal tersebut, mahasiswa baru yang lintas jurusan harus memberikan keterangan minimal nilai akhir mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan program studi.

“Jadi, nanti mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus memberikan keterangan nilai mata pelajaran di SMA yang sesuai dengan mata kuliah di program studinya. Misalnya jika di FKG, maka mereka harus memberi keterangan nilai biologi dan kimia, dan seterusnya,” jelas Nasih.

Unair juga memfasilitasi tes matrikulasi bagi mahasiswa lintas jurusan dengan tujuan untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi, khususnya saat studi berlangsung. Mahasiswa lintas jurusan harus memenuhi batas minimal nilai dalam matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahan.

Baca juga: 5 Prodi Saintek Punya Keketatan Tertinggi di Jalur Mandiri Unair

Nasih mengimbau kepada para calon mahasiswa baru Unair agar segera bersiap untuk melakukan daftar ulang. Persyaratan dan ketentuan daftar ulang bagi mahasiswa baru dapat diakses melalui laman resmi Unair.

“Bagi para calon mahasiswa baru, dimohon agar segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk daftar ulang. Semua ketentuan secara detailnya bisa diakses di laman https://snbt.unair.ac.id/,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com