Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Terketat dan Terfavorit UGM di UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 21/06/2023, 15:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada 10 jurusan terketat dan terfavorit selama Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Jurusan terketat dan terfavorit ini berdasarkan pilihan para peserta yang memilih UGM. Kampus di Yogyakarta ini menerima 2.826 calon mahasiswa baru Program Sarjana (S1) dan Program Sarjana Terapan (D4) pada UTBK SNBT 2023 dari total pendaftar sebanyak 59.412.

Hasil seleksi UTBK SNBT 2023 telah diumumkan melalui portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Selasa (20/6/2023). Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, turut bangga akan lolosnya para peserta yang sudah memilih jurusan di UGM.

“Selamat kepada adik-adik yang sudah berhasil diterima menjadi calon mahasiswa UGM. Kalian telah bekerja keras untuk bisa memperoleh kesempatan belajar di UGM, tentu kami harap komitmen yang sama bisa kalian tunjukkan selama menjalani studi nantinya,” tuturnya, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: 20 Jurusan Terketat UTBK SNBT 2023, Ilmu Komunikasi Nomor Satu

Sementara berdasarkan jumlah pendaftar, jurusan yang paling diminati atau terfavorit selama UTBK SNBT ialah kedokteran. Untuk jurusan terketat, nomor satu juga diraih oleh Jurusan Kedokteran. Berikut 10 jurusan terketat dan terfavorit UGM di UTBK SNBT 2023:

Jurusan terfavorit UGM UTBK SNBT 2023

1. Kedokteran

2. Farmasi

3. Teknologi Informasi

4. Kedokteran Gigi

5. Kehutanan

6. Psikologi

7. Hukum

8. Manajemen

9. Akuntansi

10. Ilmu Komunikasi

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 5 Kampus Yogyakarta, UGM hingga UII

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com