Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus UGM Ini Raih 2 Medali Emas di ASEAN Para Games 2023

Kompas.com - 17/06/2023, 12:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kebahagian dan rasa bangga tengah dirasakan drh. Farah Yumna Budiarti, yakni alumnus Fakultas Kedokteran Hewan UGM yang mampu meraih empat medali emas dalam cabang olahraga catur pada ASEAN Para Games 2023.

Saat mewakili Indonesia pada cabang olahraga catur tersebut, dia mendapatkan dua medali emas perseorangan dan dua medali emas beregu.

Baca juga: 5 Fakta SMKN 2 Kasihan Tempat Putri Ariani Sekolah Musik

Lebih membanggakan lagi karena mampu mendapatkan tambahan dua medali perak.

Cabang olahraga catur pada ASEAN Para Games 2023 diselenggarakan di Phom Penh, Kamboja pada tanggal 3-8 Juni 2023.

Ada enam kategori yang diperlombakan yaitu standar, rapid dan blit dengan setiap kategori tersebut dihitung nilai perorangan dan beregu.

Dibukanya setiap kategori tersebut harus diikuti minimal empat negara dan setiap negara maksimal mengirimkan tiga perwakilannya.

Ada lima negara yang berlomba dalam cabang olahraga catur ASEAN Para Games 2023 yaitu Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Malaysia serta Thailand.

Pada ASEAN Para Games 2023, total medali yang diperoleh oleh tim nasional catur Indonesia sebanyak 41 medali dengan 15 medali emas, 17 medali perak, dan 9 medali perunggu.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di Indonesia

Dengan pencapaian yang luar biasa tersebut semakin mengukuhkan Indonesia sebagai juara umum ASEANDengan pencapaian yang luar biasa tersebut semakin mengukuhkan Indonesia sebagai juara umum Asean Para Games 2023. Para Games 2023.

"Jangan takut buat bermimpi karena saya pernah memiliki keinginan menjadi tim nasional catur Indonesia sejak 15 tahun lalu dan baru bisa terwujud sekarang," kata dia dalam keterangannya mengutip laman UGM pada Sabtu (17/6/2023).

Tak lupa, dia mengaku hal yang membuat senang dirinya pada saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya di negeri orang.

"Dan kami dari timnas Indonesia bernyanyi sekencang-kencangnya," ungkap Yumna.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Kasih Beasiswa untuk Putri Ariani ke Kampus Impiannya

Dia juga berharap bisa menyumbangkan medali pada perhelatan Asian Para Games 2023 yang dilaksanakan di Cina pada bulan Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com