Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Juan Reivener, Sukses Rilis Lagu Sambil Mengerjakan Skripsi

Kompas.com - 15/06/2023, 15:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa asal Gorontalo, Juan Reivener membuktikan bahwa dunia perkuliahan tidak menghambat passion-nya di dunia musik.

Mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjadjaran (Unpad) ini terus mengembangkan bakat musiknya hingga sukses merilis single pertama berjudul “Terpikat” pada 12 Mei 2023 lalu. Juan memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang penyanyi profesional suatu hari nanti.

Menurutnya, menyanyi dan pendidikan adalah dua hal yang sangat penting yang bisa dijalankan bersama-sama, meski butuh usaha ekstra.

Baca juga: Kisah Rizky Ridho, dari Bermain Bola di Gang hingga Masuk Timnas

Rilis album sambil menyelesaikan skripsi

Juan bercerita, ia mulai menunjukkan bakat menyanyi sejak usia 5 tahun. Juan mulai menyalurkan bakatnya dengan mengikuti lomba-lomba menyanyi dari semasa dia sekolah.

Bahkan, pria berusia 21 tahun tersebut sempat mengikuti ajang Indonesian Idol pada musim 12, tetapi langkahnya belum berhasil pada tahap audisi.

“Dari bangku sekolah baik SD, SMP hingga SMA, banyak lomba-lomba yang diikuti. Mulai dari lomba solo vocal juga lomba paduan suara, hingga di tingkat Provinsi,” ujar Juan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Baca juga: Kisah Kurnia, Mahasiswi Tunadaksa yang Raih Berbagai Prestasi

Selama proses perilisan single pertamanya, Juan juga sedang disibukkan dengan kegiatan skripsi.

Berada di masa-masa krusial antara pengerjaan skripsi dan proses perilisan single pertamanya, menjadi momen yang luar biasa bagi Juan.

“Ini baru kali pertama dua hal yang sangat penting dikerjakan secara bersamaan dalam satu momen,” kata Juan.

Selama mengerjakan kedua hal tersebut, Juan tidak merasa kesulitan sekalipun karena ia selalu membagi waktu antara mengerjakan skripsi dan menggarap proses single pertamanya.

Baca juga: Unpad Kembali Tambah 16 Guru Besar Baru

Ia juga menjelaskan bahwa manfaat bermusik ini sangat membantu dalam pendidikannya. Menurutnya, musik ini sangat berperan dalam meningkatkan memori khususnya saat sedang mengerjakan skripsi ditemani dengan mendengarkan musik sambil bernyanyi.

Dalam proses pembuatan single ini, Juan terinspirasi lagu dari penyanyi-penyanyi ternama seperti Jamie Miller, Ziva Magnolya, Chris Brown, dan masih banyak lagi.

Melalui single ini juga, Juan berharap agar single ini bisa menjadi langkah awal menuju single-single berikutnya dan bisa menjadi pembuka gerbang untuk menjadi penyanyi yang lebih dikenal masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com