Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Masuk Unesa? Ini 11 Jalur Prestasi yang Dibuka pada 2023

Kompas.com - 13/06/2023, 11:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkomitmen memberikan akses pendidikan tinggi yang bermutu kepada putra-putri terbaik daerah lewat berbagai skema penerimaan mahasiswa baru, salah satunya jalur prestasi pada SPMB 2023.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr. Sukarmin mengatakan, bahwa jalur ini merupakan kesempatan bagus masuk Unesa bagi generasi daerah yang memiliki prestasi di berbagai bidang.

Dia mengaku, jalur ini termasuk yang spesial di Unesa, karena hanya bisa diikuti oleh mereka yang memiliki prestasi di bidang-bidang tertentu.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Adapun berbagai kelompok prestasi pada jalur ini sebagai berikut:

1. Prestasi Kepemimpinan

Jalur ini khusus bagi peserta yang waktu SLTA menjadi pengurus inti OSIS seperti ketua-wakil, sekretaris-wakil dan bendahara-wakil.

Peserta nanti tinggal menunjukan surat keterangan OSIS. Sebagai tambahan bisa juga menyertakan sertifikat prestasi yang diperoleh selama menjadi pengurus OSIS.

2. Prestasi Olahraga

Peserta yang pernah mengikuti kompetisi olahraga tingkat regional, nasional apalagi internasional baik yang perorangan maupun kelompok bisa memanfaatkan kesempatan pada jalur tersebut.

Pada jalur ini peserta tinggal menyertakan sertifikat prestasi saat melakukan pendaftaran.

3. Prestasi Seni

Peserta yang memiliki prestasi seni apapun, seperti seni tari, tarik suara, lukisan, seni dalam rancang bisa menggunakan jalur prestasi seni untuk masuk Unesa.

Jalur ini tentu memudahkan peserta yang ingin kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) utamanya prodi bidang seni seperti Desain Komunikasi Visual, Sendratasik, Seni Rupa, Seni Musik, dan lain-lain.

Baca juga: Penjahat Narkoba di Kampus, Kemendikbud: Kami Beri Sanksi Keras

4. Prestasi Saintek dan Soshum

Peserta yang waktu SLTA pernah meraih prestasi lomba yang berkaitan dengan sains dan teknologi atau sosial dan hukum termasuk bahasa dan seni bisa menggunakan jalur tersebut untuk mendaftar di Unesa.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com