Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Buka Jalur Mandiri 2023, Bisa Tanpa Nilai UTBK 2023

Kompas.com - 02/06/2023, 14:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri 2023.

Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih mengatakan bahwa di tahun ini Unair membuka tiga skema Seleksi Mandiri 2023 untuk calon mahasiswa yang tidak lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT). Pengumuman UTBK SNBT akan diumumkan pada 20 Juni 2023 mendatang.

Salah satu jalur yang dibuka ialah Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler Ujian Tulis yang pendaftarannya telah dibuka 29 Mei 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023.

SMUA Reguler Ujian Tulis merupakan jalur mandiri Unair yang menggunakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek atau Soshum.

Baca juga: Pengumuman UTBK SNBT 2023 20 Juni, Begini Cara Cek Hasil UTBK

Prof. Nasih mengatakan, jalur mandiri ini untuk memberikan fasilitas kepada calon mahasiswa baru UNAIR yang mengalami kendala saat mengikuti SNBT.

“Kami memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang kesulitan untuk mengikuti SNBT, mungkin saat itu sedang mengalami masalah atau kendala,” paparnya.

Materi TPA terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Semenara materi TKA Saintek (kelompok ujian Saintek) terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika, sedangkan materi TKA Soshum (kelompok ujian Soshum) terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Ujiannya sendiri akan menggunakan Computer Based Test (CBT) yang diselenggarakan di Kampus Unair Surabaya.

Terkait transparansi jalur mandiri Unair, Prof. Nasih mengungkapkan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tidak menitikberatkan pada besaran Uang Kuliah Awal (UKA).

Baca juga: 20 PTN Terbaik Versi SIR 2023, Referensi Daftar Jalur Mandiri 2023

“Semua tetap berpaku pada kemampuan calon mahasiswa. Kalau hasil tesnya kurang memenuhi kriteria kami tapi UKA-nya besar tetap tidak akan kami terima,” tutup Prof Nasih.

Selain jalur SMUA Reguler Ujian Tulis, Unair juga membuka dua jalur mandiri lainnya, yaitu Jalur UTBK dan TKA dan SMUA Kemitraan Ujian Tulis.

Untuk jalur UTBK dan TKA, tidak hanya akan melihat berapa nilai UTBK tapi juga kemampuan akademiknya. Sebab, jalur ini menggunakan nilai UTBK-SNBT 2023 dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Unair.

Sementara jalur SMUA Kemitraan Ujian Tulis merupakan jalur bagi calon mahasiswa yang memiliki rekomendasi dari instansi pemerintah atau perusahaan yang sudah atau akan bekerja sama dengan Universitas Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com