Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Masuk Top 10 Dunia dalam THE Impact Rankings 2023

Kompas.com - 02/06/2023, 14:07 WIB
Dwi Oktariana,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil masuk dalam jajaran perguruan tinggi top 10 dunia yang memberikan kontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) menurut daftar Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023.

Dalam daftar tersebut, IPB masuk ke dalam jajaran top 10 dunia pada tiga tujuan TPB, yaitu TPB 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent work and Economic growth) yang menempati pada peringkat 1 dunia.

Untuk TPB 1 Tanpa Kemiskinan (no poverty) pada peringkat kesembilan dunia, dan TPB 2 Tanpa Kelaparan (zero hunger) yang menempati peringkat kesepuluh dunia.

Pada tahun 2023, IPB memperoleh skor 88,1 dari skor maksimal 100. Perolehan skor ini meningkat dari skor tahun 2022 lalu yang mendapatkan nilai 83,7 dari 100.

Dengan perolehan skor ini menempatkan IPB pada posisi 101-200 dunia untuk penilaian keseluruhan 17 TPB dari 1.591 institusi pendidikan tinggi yang berpartisipasi.

Baca juga: Seleksi Mandiri IPB 2023: Cara Daftar, Syarat dan Sistem Penilaian

Pada tingkat nasional, IPB menempati posisi pemeringkatan pada:

1. Peringkat 1 nasional pada TPB 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent work and Economic growth), TPB 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab (responsible consumption and production), TPB 14 Ekosistem Kelautan (life below water), dan TPB 15 Ekosistem Daratan (life on land)

2. Peringkat ke 2 nasional pada TPB 2 Tanpa Kelaparan (zero hunger), TPB 5 Kesetaraan Gender (gender equality), dan TPB 6 Air Bersih dan Sanitasi Layak (clean water and sanitation)

3. Peringkat ke-3 untuk TPB 13 Penanganan Perubahan Iklim (climate action), TPB 16 Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh (peace, justice, and strong institution), dan TPB 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (partnership for the goals).

Pentingnya peran perguruan tinggi dalam pencapaian TPB terlihat dengan terus meningkatnya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi pada THE University Impact Ranking setiap tahunnya.

Pada tahun ini, perguruan tinggi yang berpartisipasi juga terus meningkat sekitar 17 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: Kamu Alami Obesitas? Ini Cara Cegahnya dari Guru Besar IPB

Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni, Institut Pertanian Bogor (IPB), Iskandar Zulkarnaen Siregar mengatakan bahwa hasil dari pemeringkatan THE Impact Ranking 2023 semakin mendorong universitas untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Hasil pemeringkatan THE Impact rangking ini semakin mendorong civitas akademika IPB untuk melakukan kegiatan-kegiatan tridharma yang bermanfaat bagi masyarakat, semakin mendorong research for impact, yang betul-betul berdampak nyata bagi pembangunan berkelanjutan," ujar Iskandar.

Lebih lanjut, capaian IPB pada pilar TPB 8 telah menegaskan pengakuan terhadap kontribusi IPB dalam memajukan perekonomian bangsa.

Baca juga: Versi THE Impact Rankings 2023, UGM Masuk 50 Top Dunia

"Kontribusi berbagai inovasi IPB bertujuan erat dengan kemajuan perekonomian Indonesia secara berkelanjutan," jelas dia.

Sementara Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria juga menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang telah diraih IPB dalam THE Impact Rankings 2023.

"Apresiasi untuk segenap warga IPB University yang telah berkontribusi atas capaian dalam THE University Impact Ranking ini," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com