Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Patah Tulang, Dinar Tetap Ikuti UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 27/05/2023, 11:01 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2023 Gelombang 2 tengah berlangsung sejak 22-28 Mei 2023.

Dari ribuan peserta UTBK-SNBT yang mengikuti ujian di Pusat UTBK Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), terdapat satu peserta yang mengikuti ujian di atas tempat tidur karena sakit pada Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Siswa SD hingga SMA Libur Sekolah pada 1-4 Juni 2023, Ini Infonya

Peserta ujian tersebut adalah Dinar Maulana Maulida yang berasal dari Kabupaten Pemalang.

Dinar yang baru saja menjalani operasi akibat kecelakaan lalu lintas yang dialaminya di awal Mei 2023 hingga kini belum bisa berjalan.

Namun, dia tetap bertekad untuk mengikuti UTBK di Unsoed.

Rasa sakit akibat kecelakaan rela ditahannya, agar bisa tetap mengikuti ujian UTBK SNBT 2023 dan berharap bisa lolos seleksi PTN pilihannya.

Pagi-pagi sekali Dinar berangkat dari tempat tinggalnya di Randudongkal Kabupaten Pemalang menggunakan ambulance dengan didampingi saudara sepupu dan ayah tercintanya, Edi.

Sesuai jadwal, Dinar seharusnya mengikuti ujian yang berlokasi di Laboratorium Komputer 1 Fakultas Peternakan Unsoed.

Namun karena kondisinya yang belum bisa duduk, Pusat UTBK Unsoed menyediakan layanan khusus untuk peserta dengan kondisi tertentu.

Untuk memudahkan Dinar, dia ditempatkan di salah satu ruangan yang berada di Lantai 1 Fakultas Peternakan Unsoed yang dilengkapi dengan tempat tidur.

Ayah Dinar, Edi menceritakan kronologi kecelakaan yang dialami anak laki-lakinya.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 Dibuka 9 Juni, Catat Syarat dan Jadwalnya

Menurut dia, pada tanggal 5 Mei 2023, Dinar yang tinggal di daerah Randudongkal, Pemalang diajak oleh saudaranya untuk membeli udang di daerah Kota Pemalang.

Sekitar jam 8 malam, Edi mendapat informasi dari tetangga jika Dinar yang dibonceng sudaranya itu mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Dinar mengalami luka robek di bawah lutut dan patah tulang paha sehingga harus dioperasi," kata Edi mengutip dalam keterangannya mengutip laman Unsoed, Sabtu (27/5/2023).

Pada UTBK SNBT 2023, Dinar memilih S1 Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman sebagai pilihan kuliahnya.

"Sejak kecil Dinar memang hobby berolahraga, makanya dia berminat sekali untuk kuliah di Pendidikan Jasmani Unsoed," ungkap Edi.

Baca juga: Daftar Hari Libur Sekolah 2023 di 38 Provinsi, Aceh, Jawa sampai Papua

Edi pun menyampaikan apresiasinya kepada Pusat UTBK Unsoed yang telah sigap memberikan pelayanan kepada peserta ujian meskipun sedang dalam kondisi sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com