Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Sulianti Saroso di Google Doodle Hari Ini? Intip Penjelasannya

Kompas.com - 10/05/2023, 15:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tentu ada yang penasaran siapa sosok perempuan yang ada di logo Google hari ini, Rabu (10/5/2023)?

Desain Google Doodle hari ini menampilkan seorang perempuan yang sedang memeriksa seorang anak dengan membawa stetoskop.

Sosok perempuan dalam desain Google Doodle hari ini adalah Julie Sulianti Saroso. Lantas siapa sebenarnya Julie Sulianti Saroso dan apa jasanya bagi Indonesia hingga hari ini begitu spesial?

Google Doodle hari ini dipersembahkan khusus untuk memperinghati Hari Ulang Tahun ke-106 dokter Julie Sulianti Saroso.

Baca juga: UNY Buka 7 Jalur Mandiri 2023, Siswa Lulusan 2021 Bisa Daftar

Jadi dokter karena terinspirasi ayah

Dokter Sulianti Saroso lahir pada 10 Mei 1917 silam di Karangasem, Bali. Ayah Sulianti Sarosoa juga berprofesi sebagai dokter. Sosok ayahnya pula yang menginspirasi Sulianti Saroso masuk ke pendidikan kedokteran di usia muda.

Sulianti Saroso lulus dengan gelar kedokteran dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada tahun 1942. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan di Eropa dan Amerika Serikat.

Ia berhasil memperoleh beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat. Dokter Sulianti Saroso juga menerima beasiswa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa.

Ketika kembali ke Tanah Air pada tahun 1952, Dokter Sulianti Saroso bersuara tentang pembatasan jumlah kelahiran.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 52 Dibuka bagi SMA-S1, Dapat Dana Rp 4,2 Juta

Punya gagasan soal pembatasan kelahiran

Tidak seperti era sekarang, pembatasan soal jumlah kelahiran masih menjadi konsep yang tabu di tengah masyarakat Indonesia kala itu.

Hal ini karena keyakinan "banyak anak, banyak rezeki" yang masih sangat kuat. Namun akhirnya ide pembatasan kelahiran dari Sulianti Saroso kemudian menjadi program Keluarga Berencana.

Program tersebut kemudian baru bisa berjalan di masa Orde Baru. Program Keluarga Berencana ini dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk.

Karier dokter Sulianti Saroso juga cukup mentereng di organisasi kedokteran. Ia diketahui menjadi presiden perempuan kedua di World Health Assembly.

Dokter Sulianti Saroso juga bertugas di beberapa organisasi terkemuka seperti Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak WHO, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

Dedikasikan hidup untuk membantu masyarakat

Semasa hidupnya, dokter Sulianti Saroso didedikasikan untuk membantu masyarakat rentan mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.

Kehadiran dokter Sulianti Saroso juga menjadi titik awal pemerataan layanan kesehatan dan mengubah arah kedokteran di Indonesia.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Australia, Referensi Kuliah di Luar Negeri

Karena jasanya bagi dunia kesehatan di Indonesia, nama dokter Sulianti Saroso diabadikan menjadi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Prof. Dr. Sulianti Saroso yang Jadi Google Doodle Hari Ini".

Penulis : Galuh Putri Riyanto
Editor : Yudha Pratomo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com