Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat UTBK UPN Veteran Jakarta: Peserta Jangan Salah Tempat dan Telat

Kompas.com - 08/05/2023, 19:33 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2023 di UPN Veteran Jakarta berjalan lancar di hari pertama, pada Senin (8/5/2023).

Koordinator Pelaksana UTBK UPN Veteran Jakarta, Fajar Nugroho mengaku, jajaran panitia hadir lebih awal pada pukul 04.30 WIB, sedangkan peserta mulai berdatangan pada pukul 05.00 WIB.

Baca juga: Pusat UTBK SNBT 2023 di UNJ: Jangan Berbuat Kecurangan

Meski masih ada beberapa peserta yang melanggar ketentuan, seperti datang terlambat, berpakaian tidak sesuai atau kurang melengkapi dokumen, tapi secara umum pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di hari pertama berlangsung sesuai harapan.

Dia menyebut, kegiatan UTBK SNBT 2023 di UPN Veteran Jakarta pada hari pertama dimulai dengan menyambut kedatangan peserta.

Setelah itu, panitia melakukan pengecekan suhu tubuh, mengecek ketentuan berpakaian, dan pemeriksaan dokumen.

Sebagian besar peserta mengikuti ketentuan pelaksanaan UTBK dengan baik, tapi ada beberapa yang tidak sesuai.

Seperti, masih ditemukan beberapa peserta yang datang dengan memakai kaus tanpa kerah dan ada yang menggunakan sandal.

"Ada juga beberapa yang tidak membawa kartu peserta, karena mereka menganggap bisa menunjukkan versi digitalnya dari smartphone. Ada juga yang tidak membawa ijazah atau SKL," ucap dia mengutip laman UPN Veteran Jakarta.

Walaupun demikian, panitia tidak ingin mempersulit peserta.

Untuk itu, panitia meminta peserta yang tidak membawa ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) untuk menghubungi pihak rumah dan mengirimkan fotonya melalui smartphone.

"Setelah itu, panitia akan membantu mencetaknya," ungkap dia.

Setelah pengecekan dokumen selesai, sambung dia, peserta diarahkan ke ruang ujian setelah sebelumnya melewati pemeriksaan metal detector demi mengantisipasi kecurangan.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Adapun ujian berlangsung selama dua sesi, yakni pagi dan siang. Sesi pagi berlangsung dari pukul 07.15-10.30 WIB, sedangkan sesi siang dari pukul 13.00-16.30 WIB.

"Kita temukan peserta terlambat yang datang setelah ujian dimulai. Kita sampaikan kepada yang bersangkutan bahwa dia tidak bisa mengikuti UTBK karena terlambat dari waktu yang ditentukan," ujar Fajar.

Dia mengimbau kepada para peserta agar datang pada waktu satu jam sebelum memasuki ruang ujian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com