Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unila Komitmen Jalani Penerimaan Mahasiswa Baru yang Bersih

Kompas.com - 04/05/2023, 20:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Lusmeilia Afriani membuka acara Pembekalan Penanggung Jawab Lokasi dan Pengawas Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SNBT), di Gedung Serbaguna Unila, pada Kamis (4/5/2023).

Acara tersebut diselenggarakan Panitia Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SN PMB) Unila dalam rangka menyosialisasikan teknis pelaksanaan UTBK-SNBT di Unila kepada para penanggung jawab lokasi (PJL) dan penanggung jawab ruangan (PJR), sehingga saat pelaksanaan berlangsung, kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: 10 Sekolah Kedinasan 2023 Terfavorit, buat Referensi Daftar

Prof. Lusi menyampaikan, Unila berkomitmen untuk menyelenggarakan proses penerimaan mahasiswa baru yang bersih dengan tagline "PMB Unila PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif)".

"Tim PMB Unila berupaya meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah dituangkan dalam regulasi," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (4/5/2023).

Ketua PMB Unila, Dr. Suripto Dwi Yuwono mengaku, tahun ini pelaksanaan UTBK SNBT 2023 akan dilaksanakan sebanyak 2 gelombang dengan total peserta ujian di Unila 16.530 orang.

Kegiatan UTBK akan dilakukan di lima lokasi yang ada di Unila, yaitu:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

3. Fakultas Kedokteran.

4. Unit Pelaksana Teknis Pusat Bahasa.

Baca juga: Mau Lolos UTBK SNBT 2023? Ini 5 Tips yang Bisa Dijalankan

5. Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

"Dengan total pelaksanaan 11 hari, dibutuhkan 53 orang penanggung jawab lokasi dan 411 orang pengawas yang bertugas secara bergantian," ucap dia.

Pada acara tersebut, dilakukan pemaparan materi oleh Rico Andrian mengenai teknis pelaksanaan bagi PJ lapangan dan PJ ruangan, seperti waktu pelaksanaan, peran, tugas, dan tanggung jawab, serta materi tentang panduan penggunaan aplikasi pengawas.

Acara tersebut dihadiri para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan bidang akademik, ketua pascasarjana, serta para calon pengawas UTBK-SNBT 2023.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia, Ada 3 PTS

Pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2023 akan berlangsung pada dua gelombang.mulai 8-14 Mei 2023.

Gelombang pertama pada 8-14 Mei 2023, sedangkan gelombang kedua pada 22-25 Mei 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com