Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rerata Nilai IRT Masih Rendah, Founder Zenius: Siswa Perlu Berlatih Soal Sulit

Kompas.com - 06/04/2023, 15:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, tercatat sebanyak 43.166 siswa dari 23.788 sekolah yang mendaftar di Grand Try Out (GTO) Zenius. Skor rata-rata (Item Response Theory IRT) para siswa mencapai 372,5 dengan skor tertinggi mencapai 727.

Sebagai informasi, IRT atau Teori Respons Butir merupakan sistem penilaian dalam UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) masuk perguruan tinggi negeri yang mengutamakan karakteristik dari setiap soal.

Semakin sulit suatu soal, maka semakin tinggi bobot skor diperoleh peserta jika berhasil menjawab soal tersebut. Sistem penilaian ini tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar tetapi juga mempertimbangkan sulit atau tidaknya suatu soal.

Sedangkan GTO Zenius tahun ini merupakan ketiga kalinya diselenggarakan dan telah diikuti oleh lebih dari 100 ribu siswa sejak tahun 2020.

Hasil dari GTO Zenius 2023 menunjukkan bahwa rata-rata skor IRT peserta tercatat cukup rendah, yaitu sebesar 372,5. Hal ini disebabkan karena soal-soal yang disediakan Zenius cukup menantang bagi para siswa.

Terbukti dari fakta bahwa hanya 20 peserta yang berhasil meraih skor IRT di atas 550, sedangkan sisanya belum mencapai skor tersebut.

Founder Zenius, Sabda PS melalui rilis resmi (6/4/2023) merespons rata-rata skor IRT rendah pada pelaksanaan GTO kali ini dengan pandangan positif.

Menurutnya, ketika siswa terbiasa mengerjakan atau melatih soal-soal yang lebih sulit, mereka akan lebih siap dan terlatih menghadapi soal-soal SNBT UTBK.

Selain itu, Sabda menambahkan bahwa pelaksanaan GTO Zenius kali ini dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai soal-soal SNBT UTBK, sehingga mereka bisa lebih mempersiapkan diri dan mendapatkan hasil maksimal di ujian tahun ini.

"Pelaksanaan try out dapat memberikan gambaran tentang soal-soal yang akan keluar pada ujian sesungguhnya, sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meraih hasil maksimal di ujian tersebut," jelas Sabda.

Baca juga: 10 Jurusan Undip Berdaya Tampung Besar di SNBT 2023, Ada 1.194 Bangku

Dengan demikian, Sabda PS berharap para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memperbaiki kemampuan dan mendapatkan hasil yang memuaskan pada SNBT UTBK 2023.

Tidak hanya tes berupa soal, GTO Zenius menyediakan klinik pembahasan soal yang dipandu oleh para tutor Zenius. Siswa dan tutor melakukan pembahasan secara interaktif mengenai soal-soal yang dianggap sulit oleh para siswa ketika mereka mengerjakan try out.

Lebih jauh Sabda menjelaskan, pendekatan pedagogi Zenius yang menekankan pada pemahaman konsep dan pemikiran kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com