Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: 3 Opsi Penerapan Kurikulum Merdeka 2023 bagi Sekolah

Kompas.com - 21/02/2023, 10:44 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pembukaan pendaftaran penerapan Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 bagi sekolah pada 6 Februari 2023 dan berlangsung hingga 31 Maret 2023.

Guna memberikan kemudahan bagi sekolah, Implementasi Kurikulum Merdeka tidak harus seragam dan dapat disesuaikan dengan kesiapan masing-masing satuan pendidikan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo.

"Seperti tahun lalu, satuan pendidikan boleh memilih diantara tiga opsi penerapan Kurikulum Merdeka. Opsi Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi," ujar Anindito.

Baca juga: Kisah Guru Nofri, Rela Tempuh 40 Jam Perjalanan demi Berbagi Ilmu

Ia menerangkan, ppsi mandiri belajar dapat dipilih ketika satuan pendidikan ingin mempelajari dan menerapkan dulu prinsip pembelajaran tanpa mengubah struktur kurikulumnya.

"Artinya, satuan pendidikan baru akan mengubah struktur kurikulum mulai tahun 2024," ujar dia

Sedangkan opsi Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi dapat dipilih jika satuan pendidikan ingin mengubah kurikulumnya dengan Kurikulum Merdeka.

"Perbedaannya adalah opsi Mandiri Berbagi menunjukkan komitmen untuk menjadi narasumber dan membagikan praktik baik kepada satuan pendidikan lain. Pilihan -pilihan ini sepenuhnya ada pada satuan pendidikan," papar dia.

Berikut 3 opsi Kurikulum Merdeka yang dapat dipilih sekolah di tahun 2023:

Baca juga: Kisah Guru Betty, Raih Penghargaan Internasional karena Empati Tinggi

1. Mandiri Belajar

Sekolah menggunakan struktur Kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

2. Mandiri Berubah

Sekolah menggunakan struktur Kurikulum Medaka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

3. Mandiri Berbagi

Sekolah menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan lain.

Baca juga: Beasiswa bagi Guru ke Jepang 2023, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com