Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UTBK SNBT Jadi Syarat Daftar STAN 2023, Berapa Nilai Minimalnya?

Kompas.com - 21/02/2023, 09:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang juga ingin mendaftar Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) di tahun 2023 di samping seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023, tahun ini STAN kembali mensyaratkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dalam pendaftaran.

Dilansir dalam laman resmi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN(PKN STAN) tahun 2023 akan kembali menggunakan hasil UTBK SNBT 2023.

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2023 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK-SNBT, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2023 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2023 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

Baca juga: STMKG, Sekolah Kedinasan Milik BMKG: Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

Biasanya, pendaftaran Sekolah Kedinasan berlangsung awal April setiap tahunya. Sebelum pembukaan pendaftaran, baiknya calon mahasiswa melihat syarat dokumen hingga syarat nilai UTBK 2022 sebagai persiapan awal.

Berikut syarat nilai UTBK, Rapor dan Ijazah untuk Daftar STAN pada pendaftaran tahun 2022 lalu:

Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Intelijen Negara, Kampus Milik BIN Lulusan Jadi CPNS

Selain nilai rapor dan ijazah, peserta juga memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

Nilai ini bisa saja berubah di tahun 2023, informasi terbaru dapat dilihat melalui laman resmi PKN STAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com