Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 Tahap II Masih Terbuka

Kompas.com - 17/02/2023, 17:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 tingkat nasional kembali digelar. Siswa yang belum sempat mendaftar di tahap pertama, masih dapat berkesempatan mengikuti tahap kedua.

Pada batch II, pendaftaran dibuka 6 Februari 2023 sampai dengan 3 Maret 2023. Babak penyisihan dilaksanakan pada 3–6 April 2023, babak semi-final pada 10–13 April 2023, babak final 1–4 Mei 2023, dan pengumuman pemenang pada 20 Mei 2023.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran, syarat, ketentuan kompetisi, dan jadwal lengkap Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diakses pada website kompetisi: www.kompetisi.pesonaEdu.id.

Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diikuti siswa jenjang SD/MI pada kelas 4 dan 5. Lalu jenjang SMP/MTs untuk kelas 7 dan 8. Kemudian untuk jenjang SMA/MA/SMK untuk kelas 10 dan 11.

Kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Untuk meningkatkan partisipasi peserta pada Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023, pihak panitia kembali melakukan sosialisasi tahap kedua untuk jenjang SMA, SMK dan sederajat tingkat nasional, melalui Zoom dan Live Streaming di kanal Youtube PesonaEdukasi pada Jumat, 17 Februari 2023.

Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) melalui panitia juga menyiapkan apresiasi bagi para juara pada kompetisi ini.

Pada kompetisi ini, setiap peserta yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3, akan mendapatkan uang pembinaan, paket Bahan Ajar Digital Interaktif (BDI) di PE Store, e-sertifikat kompetisi, dan piala/medali.

Bagi peserta didik di DKI Jakarta yang meraih juara pada kompetisi ini akan menjadi poin tambahan untuk Jalur Prestasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah DKI Jakarta.

Baca juga: Komisi X DPR Minta Literasi Nasional Ditingkatkan

Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 ini seperti tahun lalu mendapat dukungan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DKI Jakarta, baik tingkat SD, SMP, dan SMA.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Biofarma, Telkom Indonesia, Telkomsel, Krakatau Steel, Indosat, Pos Indonesia, dan Bank DKI.

Literasi dasar modal kemajuan bangsa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com