Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaftaran Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 Tahap II Masih Terbuka

KOMPAS.com - Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 tingkat nasional kembali digelar. Siswa yang belum sempat mendaftar di tahap pertama, masih dapat berkesempatan mengikuti tahap kedua.

Pada batch II, pendaftaran dibuka 6 Februari 2023 sampai dengan 3 Maret 2023. Babak penyisihan dilaksanakan pada 3–6 April 2023, babak semi-final pada 10–13 April 2023, babak final 1–4 Mei 2023, dan pengumuman pemenang pada 20 Mei 2023.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran, syarat, ketentuan kompetisi, dan jadwal lengkap Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diakses pada website kompetisi: www.kompetisi.pesonaEdu.id.

Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diikuti siswa jenjang SD/MI pada kelas 4 dan 5. Lalu jenjang SMP/MTs untuk kelas 7 dan 8. Kemudian untuk jenjang SMA/MA/SMK untuk kelas 10 dan 11.

Kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Untuk meningkatkan partisipasi peserta pada Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023, pihak panitia kembali melakukan sosialisasi tahap kedua untuk jenjang SMA, SMK dan sederajat tingkat nasional, melalui Zoom dan Live Streaming di kanal Youtube PesonaEdukasi pada Jumat, 17 Februari 2023.

Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) melalui panitia juga menyiapkan apresiasi bagi para juara pada kompetisi ini.

Pada kompetisi ini, setiap peserta yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3, akan mendapatkan uang pembinaan, paket Bahan Ajar Digital Interaktif (BDI) di PE Store, e-sertifikat kompetisi, dan piala/medali.

Bagi peserta didik di DKI Jakarta yang meraih juara pada kompetisi ini akan menjadi poin tambahan untuk Jalur Prestasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah DKI Jakarta.

Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 ini seperti tahun lalu mendapat dukungan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DKI Jakarta, baik tingkat SD, SMP, dan SMA.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Biofarma, Telkom Indonesia, Telkomsel, Krakatau Steel, Indosat, Pos Indonesia, dan Bank DKI.

Literasi dasar modal kemajuan bangsa


 

Kompetisi ini nantinya diselenggarakan secara daring berbasis Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan platform PesonaEdu A-Class sebuah Learning Content Management System (LCMS) yang mampu membuat 16 variasi soal.

Semua fitur A-Class mendukung untuk menyajikan kualitas soal berkarakter HOTS, sesuai standar PISA dan AKM.

Soal yang digunakan ditulis secara khusus oleh tim penulis dari MGMP SD, SMP, SMA, dan SMK DKI Jakarta. Sedangkan validasi soal dan penjurian dilakukan oleh para dosen dan pakar pendidikan UNJ.

Tipe soal pada kompetisi ini bervariasi dan mencerminkan soal–soal AKM dan HOTS. Tipe soal yang akan diujikan berupa pilihan ganda kompleks, menjodohkan jawaban, respon video dan audio, isian bebas atau esai, dan pratikum virtual.

Tentunya tipe soal ini disesuakan dengan jenjang sekolah setiap peserta.

Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2023, Teguh Trianung Djoko Susanto menyatakan penguasaan literasi dan numerasi adalah dua kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh generasi pelajar dan sebagai modal utama bagi kemajuan suatu bangsa.

"Selain itu juga sebagai indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu berkompetisi secara global," tambah Teguh.

Teguh Trianung melanjutkan, kedua hal tersebut akan diujikan dalam kompetisi ini dan dilakukan dalam ajang Programme for International Student Assessment (PISA) untuk mengukur kompetensi siswa suatu negara.

"Selain itu perlu juga penguasaan materi yang kuat sejak dini untuk mengedepankan peningkatan daya nalar berpikir kritis dan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi," jelasnya.

"Penyelenggaraan kompetisi ini selain membantu para peserta didik untuk lebih cepat menguasai kompetensi sekaligus sebagai alat ukur dan pemetaan kompetensi peserta didik di Indonesia," pungkas Teguh Trianung Djoko Susanto.

Dalam kesempatan sama, Ketua BPU UNJ Prof. Sofia Hartati menyampaikan, UNJ memiliki komitmen besar memberikan sumbangsihnya kepada pengembangan kompetensi dan juga kemampuan para siswa di seluruh Indonesia dalam hal literasi dan numerasi.

"Oleh karena itu, UNJ tidak akan pernah berhenti untuk terus bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan lomba Literasi dan Numerasi ini," ungkap Prof. Sofia Hartati.

Staf Ahli Direktur Utama Bidang Hubungan Kelembagaan PT Bio Farma Sri Harsi Teteki  mengatakan, kegiatan ini dinilai sangat penting dilakukan dan perlu didukung semua pihak guna meningkatkan kualitas pendidikan siswa dan lulusannya.

"Untuk itu, Bio Farma dalam hal ini sebagai BUMN Holding Farmasi, yang terdiri dari Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma juga memiliki peran sebagai Agent of Development disamping amanah yang tentunya diberikan oleh Kementerian BUMN," jelas Sri.

Ia juga menyampaikan, event Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 yang diadakan oleh UNJ ini sangat diharapkan dapat terjalin hubungan yang lebih baik lagi antara berbagai pihak dari stakeholder di bidang pendidikan dalam memberikan bagaimana peran edukasi, pentingnya upaya preventif, dan promotif.

"Untuk itu melalui literasi dan numerasi yang sangat baik ini diharapkan pemenang lomba nanti juga ada yang berminat untuk menjadi researcher di Indonesia. Karena indonesia butuh peneliti yang mau berkiprah dan berkontribusi untuk Indonesia," tutup Sri Harsi Teteki.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/17/172847371/pendaftaran-kompetisi-literasi-dan-numerasi-2023-tahap-ii-masih-terbuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke