Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Mahasiswa Vokasi Bisa Ikut Program PMM 3

Kompas.com - 22/01/2023, 14:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, mahasiswa dari perguruan tinggi vokasi bisa ikut program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ketiga (PMM 3).

Tentu harapannya, mahasiswa vokasi bisa mendapat pengalaman unik untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, kepribadian, serta kemandirian mereka dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui pengalaman di lapangan.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kiki Yuliati.

"Mahasiswa vokasi kami harapkan dapat memiliki pengalaman belajar di luar kampusnya sehingga mereka mengikuti pembelajaran di ruang pembelajaran yang tidak terbatas," ujarnya dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Peserta SNPMB 2023 Diikuti 137 PTN Akademik, Vokasi dan PTKIN

"Mereka dapat melakukan interaksi yang erat antara vokasi dengan dunia kerja, antara vokasi dengan masyarakat, dan kami harapkan para peserta PMM ikut mewarnai budaya dan peradaban Indonesia," imbuh dia.

Tahun ini kampus vokasi ikut terlibat

Dijelaskan, salah satu kebaruan dari PMM 3 adalah keterlibatan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang untuk pertama kalinya akan ikut ambil bagian sebagai Perguruan Tinggi (PT) Penerima maupun PT Pengirim.

Pada 2023 ini, PMM menyiapkan kuota bagi 150 PT Penerima. Angka ini menunjukkan kenaikan karena PMM 2 tahun 2022 lalu yang melibatkan 138 PT Penerima di 30 provinsi dari 194 PT yang mendaftar.

Adapun periode pendaftaran PT Penerima dibuka mulai 11 Januari hingga 8 Februari 2023.

Untuk mendaftar PMM 3, Perguruan Tinggi calon peserta dapat mengakses laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Untuk pendaftaran bagi mahasiswa calon peserta program PMM 3 akan diumumkan kemudian.

Baca juga: 4 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Gaji Menjanjikan

Terkait PMM 3 tersebut adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman studi yang unik.

Tentunya selama satu semester sekaligus mengeksplor keragaman nusantara, yang diakui dengan rekognisi pembelajaran senilai 20 SKS.

Bangun persahabatan seluruh nusantara

Pada Sosialisasi Teknis Pendaftaran bagi Calon Perguruan Tinggi Penerima PMM 3 yang diselenggarakan secara daring bagi PT Regional Indonesia Barat, Selasa (17/1/2023) melalui kanal Youtube Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dijelaskan oleh Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, Nizam.

Menurut Nizam, program Kampus Merdeka pada esensinya adalah menyiapkan lulusan perguruan tinggi agar bisa menjadi yang terbaik dari dirinya.

"Melalui PMM mahasiswa berkesempatan membangun persahabatan nusantara sekaligus menimba ilmu, menggali pengalaman dari kampus-kampus tujuan," katanya.

Selain memberi manfaat bagi mahasiswa, program PMM juga membawa dampak positif bagi perguruan tinggi penerima.

Baca juga: 6 Tips Bekerja di Kapal Pesiar, Cocok bagi Lulusan Vokasi

Sebab, kehadiran mahasiswa dari seluruh pelosok nusantara menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang unik dan dinamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com