Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program 100 Hari Pertama Iluni UI Usung Semangat "Bersua, Berkarya, Berasa Dampaknya"

Kompas.com - 19/12/2022, 15:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) periode 2022-2025 Didit Ratam menyampaikan capaian 100 hari yang telah dilakukan Iluni UI.

Capaian-capaian tersebut disampaikan Didit dalam acara Pelantikan dan Raker Pengurus Lengkap Iluni yang berlangsung pada Minggu, 12 Desember 2022 di Balairung UI, Depok, Jawa Barat.

Didit yang terpilih sebagai Ketua Umum dalam Musyawarah Iluni UI ke IX 27-28 Agustus 2022 bersama Ahmad Fitrianto (Sekretaris Jendral) dan Al Fatih Timur (Bendahara Umum) melantik ribuan anggota, sekaligus pengurus Iluni UI lintas angkatan dan fakultas se-UI. 

Sekjen Iluni UI Ahmad Fitrianto menyampaikan ada 1.112 alumni hasil Perekrutan Terbuka dalam Kepengurusan Iluni UI Periode 2022-2025 yang berasal dari mekanisme perekrutan terbuka.

Terkait hal itu, dalam program 100 hari pertama disampaikan pula telah terbentuk inisiatif sembilan bidang atau center, yakni: (1) Alumni and Community Center, (2) Alumni Peduli Center, (3) Career and Almamater Center, (4) Collaborative Action Center, (5) Creative Hub Industry Center, (6) Millennial Business Center, (7) Policy Center, (8) UI Collaboration Center, dan (9) Women Empowerment Center.

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) periode 2022-2025 Didit Ratam menyampaikan capaian 100 hari yang telah dilakukan Iluni UI.DOK. ILUNI UI Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) periode 2022-2025 Didit Ratam menyampaikan capaian 100 hari yang telah dilakukan Iluni UI.

Mengusung tema "Bersua, Berkarya, Berasa Dampaknya", Iluni bersama Iluni Fakultas, Wilayah, dan Chapter dalam waktu 3 bulan juga berhasil melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak dalam berbagai program, di antaranya:

  • Tujuh MoU dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Kemenparekraf
  • Dua pelantikan Iluni, yakni Program Vokasi dan Fakultas Ilmu Keperawatan
  • Lawatan ke Iluni UI Wilayah Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Barat.
  • Kegiatan mentoring karir yang diikuti oleh 44 alumni
  • Penghimpunan donasi Korban Gempa Cianjur mencapai Rp 1.055.557.493 

Bantuan bagi korban terdampak Gempa Cianjur juga datang dari akademisi, antara lain dosen dan akademisi FTUI yang dipimpin Prof. Yandi Andriyatmo dan Budi Wasono dari Ikatan Alumni Arsitektur telah melakukan pemetaan dan survei lokasi Gempa Cianjur.

Iluni UI dan warga terdampak berkolaborasi untuk menyiapkan pembangunan Sekolah Indonesia Cepat Tanggap (SICT) di Cianjur.

Baca juga: Alumni UT Capai 2 Juta Orang, Rektor: Semoga Dapat Berkiprah Membantu Pemerintah

Didit mengajak semua pemangku kepentingan khususnya para pengurus untuk menjadikan Iluni UI sebagai kanvas besar yang nyaman bagi semua untuk menorehkan ide, partisipasi, dan memaksimalkan potensi semua anggota, untuk kebermanfaatan bagi para pengurus, alumni, almamater, dan Indonesia.

"Visi misi organisasi menjadi asa kita bersama, menjadi panduan dalam kebijakan, dan menjadi arah dalam melangkah. Keyakinan ini akan menjadi bahan bakar yang menyalakan semangat untuk terus berkarya," pungkas Didit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com