Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Ikut Magang, Mahasiswa Harus Tahu

Kompas.com - 17/12/2022, 10:04 WIB
Andia Christy,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Magang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi tertentu sebagai syarat kelulusan. Bahkan tidak hanya itu, magang juga dapat dilakukan di luar kewajiban kampus.

Terdapat program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri.

Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menyebutkan magang yang telah dilakukan mahasiswa dapat diklaim menjadi angka kredit.

Baca juga: Kemendikbud Buka Magang Studi Bersertifikat bagi Mahasiswa D2-S1

Di sisi lain, program magang telah diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 21-30, rincian peraturan program magang ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.22/Men/IX/2009 tentang penyelenggaraan pemagang dalam negeri.

Melansir laman resmi Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud Ristek, dengan semakin mendekatnya semester wajib magang, inilah beberapa manfaat magang bagi mahasiswa yang perlu diketahui.

1. Pengalaman pekerjaan

Melalui magang, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman yang membantu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Memang betul perusahaan pada saat ini mencari pelamar pekerjaan fresh graduate, tetapi ada kalanya mendahulukan yang berpengalaman di dunia pekerjaan.

Atas dasar itu, pengalaman magang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memperkaya pengalaman di dunia kerja dan menambah kualitas diri.

2. Mengembangkan keterampilan

Ketika magang kamu akan mendapatkan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan keterampilan praktis.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum Magang

Hal tersebut dapat memampukan kamu untuk belajar hal baru dari setiap tugas yang diberikan.

Kamu bisa menambah, mengasah, dan mengembangkan keterampilan yang baru ataupun yang sudah pernah dipelajari di kampus sebelumnya.

3. Meningkatkan relasi dalam lingkungan profesional

Semakin banyak relasi dalam lingkungan profesional, kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar keahlian dalan suatu bidang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com