Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jambore Nasional Ibu Pertiwi 2023 Wadah Siswa SD Berkegiatan Kreatif

Kompas.com - 08/11/2022, 21:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Jambore nasional bersama Ibu Pertiwi 2023 dirancang untuk menjadi wadah bagi siswa sekolah dasar (SD) untuk bersosialisasi, berkreasi, dan berprestasi sesuai dengan pengamalan profil Pelajar Pancasila.

"Ibu Pertiwi ingin lebih jauh lagi mendukung anak-anak SD dengan menghadirkan kegiatan kreatif melalui Jambore 2023," ucap Pendiri dan CEO Mentari Group Anna Rimba Phoa dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Ini Jadwal Libur Sekolah Akhir 2022 untuk Siswa SD-SMA, Catat Ya!

Ibu Pertiwi merupakan program buku pembelajaran untuk kelas 1-6 SD yang disusun khusus untuk membangun karakter bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila dengan metode pembelajaran pendekatan bercerita dan saintifik.

Program Ibu Pertiwi telah digunakan berbagai sekolah di Indonesia dalam upaya membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia 2045. Itu guna menghadapi dinamika perubahan pada masa depan.

Kekuatan program itu, kata dia, akan disempurnakan pada Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi 2023.

"Kami ingin lebih jauh lagi mendukung anak-anak di sekolah dasar dengan menghadirkan kegiatan kreatif melalui Jambore 2023," ucapnya.

Pelatih Jambore Nasional Ibu Pertiwi, Kurnia Setiawan menyatakan, kegiatan jambore 2023 merupakan wujud nyata dari penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa setiap harinya.

"Pancasila merupakan konsensus, di mana melalui pendidikan penerapannya akan sangat bermanfaat. Seperti yang disampaikan Presiden Jokowi, perlunya kreativitas dan kolaborasi banyak pihak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berdasarkan profil Pelajar Pancasila," jelas dia.

Dia menyebut, Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dengan sekolah dan guru dalam melakukan kegiatan bermanfaat untuk pengembangan karakter dan kreativitas siswa.

Baca juga: 5 Makanan yang Ganggu Kesuburan Menurut Dosen UM Surabaya

Di Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi, peserta diajak untuk mengaktualisasikan karakter bangsa berlandaskan Pancasila melalui kegiatan pameran, aktivitas bermain, bercerita dan presentasi.

Dengan demikian, akan terbangun suasana pembelajaran yang komprehensif, integratif, dan aplikatif.

Melalui kegiatan ini nilai-nilai Pancasila ditanamkan dengan cara kreatif dan menarik, sehingga nilai-nilai tersebut dapat dihidupi lebih mendalam.

"Fungsi dari Jambore adalah sebagai terminal bagi pembangunan karakter anak-anak dengan program Ibu Pertiwi yang digunakan di kelas. Dengan mengikuti Jambore, anak-anak menjadi lebih semangat & termotivasi lagi dalam memaksimalkan pembelajaran dan pengembangan karakter peserta didik," tambah Anna.

Baca juga: Ners UM Surabaya: Sering Kram Kaki Pertanda Alami 4 Penyakit Ini

Puncak acara Jambore Nasional Ibu Pertiwi 2023 pada 3 Juni 2023. Nantinya siswa dari 50 sekolah tanah air akan mengikuti acara Jambore ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com